Kesal pada Putin, Ukraina Ngadu ke PBB

Minggu, 21 Agustus 2016 - 13:41 WIB
Kesal pada Putin, Ukraina Ngadu ke PBB
Kesal pada Putin, Ukraina Ngadu ke PBB
A A A
NEW YORK - Ukraina nampaknya masih kesal dengan kunjungan yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Criema. Setelah merilis pernyataan kecaman, kini Kiev mengadukan apa yang dilakukan Putin ke PBB.

Perwakilan tetap Ukraina untuk PBB Vladimir Yelchenko dilaporkan telah melakukan pertemuan dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB Jan Eliasson untuk membahas kunjungan ke Putin ke wilayah yang berada di Laut Hitam itu.

"Vladimir Yelchenko bertemu dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB Jan Eliasson. Mereka membahas Vladimir Putin yang melakukan kunjungan ilegal di Crimea. Yelchenko juga menarik perhatian Jan Eliasson untuk konsentrasi persenjataan Rusia di sepanjang perbatasan Rusia-Ukraina di Crimea dan Donbass," kata misi Ukraina untuk PBB, seperti dilansir Tass pada Minggu (21/8).

Sebelumnya, Ukraina mengutuk kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Crimea. Kunjungan Putin tersebut adalah yang pertama pasca serangan yang disebutnya sebagai serangan teroris terhadap wilayah itu.

"Kunjungan terbaru oleh pejabat dari Federasi Rusia ke Republik Otonomi Crimea dan kota Sevastopol, yang merupakan bagian integral dari Ukraina, adalah bukti bahwa Federasi Rusia terus mengabaikan Piagam PBB, resolusi Majelis Umum PBB 68/262 dari 27 Maret 2014 berjudul 'integritas Teritorial Ukraina,' deklarasi Baku dan resolusi Majelis Parlemen OSCE serta prinsip-prinsip lainnya Hukum internasional," begitu bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Putin menyambangi Crimea, sehari setelah militer Rusia melakukan latihan perang di wilayah itu. Dalam kesempatan itu, Putin mengatakan dia berharap Ukraina dapat melihat dengan akal sehat ketika tiba saatnya untuk mengatasi krisis diplomatik di semenanjung itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5189 seconds (0.1#10.140)