Brazil Tangkap Penjahat Perang Bosnia

Minggu, 31 Juli 2016 - 11:40 WIB
Brazil Tangkap Penjahat Perang Bosnia
Brazil Tangkap Penjahat Perang Bosnia
A A A
BRASILIA - Pihak otoritas Brazil menangkap seorang pria diduga melakukan kejahatan perang selama pertempuran di bekas Yugoslavia. Pria tersebut diburu sejak lebih dari dua dekade lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Jaksa Federal Brazil mengatakan bahwa polisi menangkap Nikola Ceranic (47) di kota Indaiatuba, 45 kilometer barat laut dari Sao Paulo. Belum diketahui sudah berapa lama ia tinggal dikota itu seperti dikutip dari Reuters, Minggu (31/7/2016).

Interpol telah mengeluarkan peringatan berbahay untuk Ceranic. Ia diburu sejak tahun 1992 Menurut situs badan internasional itu ia didakwa dengan kejahatan perang terhadap penduduk sipil. Baik Interpol atau otoritas Brazil mempunyai rincian tentang kejahatan yang diduga dilakukan Ceranic.

Departemen Kehakiman Brazil pada tanggal 24 Juni mengajukan permintaan untuk ekstradisi Ceranic kepada Mahkamah Agung yang berasal dari pihak berwenang Bosnia dan Herzegovina. Sejak saat itu, pencarian terhadal Ceranic pun dimulai di Brazil.

Negara dan jaksa federal Brasil bekerjasama dengan pihak berwenang Bosnia dan polisi Brasil di Sao Paulo untuk mencari dan menangkap Ceranic. Berdasarkan hukum Brasil, Mahkamah Agung harus memutuskan semua permintaan ekstradisi. Tidak jelas berapa lama keputusan tersebut akan di ambil.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4946 seconds (0.1#10.140)