Dicap Dalang Kudeta, Rumah Lahir Gulen Akan Jadi Toilet Umum

Kamis, 28 Juli 2016 - 04:36 WIB
Dicap Dalang Kudeta, Rumah Lahir Gulen Akan Jadi Toilet Umum
Dicap Dalang Kudeta, Rumah Lahir Gulen Akan Jadi Toilet Umum
A A A
ANKARA - Rumah tempat kelahiran ulama Fethullah Gulen di Erzurum akan diubah menjadi toilet umum. Gulen yang kini tinggal di Amerika Serikat (AS) telah dituduh Presiden Turki Tayyip Erdogan sebagai dalang kudeta yang berakhir dengan kegagalan.

Rumah tempat kelahiran Gulen berlantai satu berlokasi di Desa Korucuk, di Provinsi Erzurum.
Sejak upaya kudeta militer pada 15 Juli lalu, ratusan buku yang ditulis oleh Gulen dilaporkan telah dibuang di jalan-jalan dan sungai. Selain itu juga ada buku karangan Gulen yang dibakar.

Menurut media pro-Pemerintah Turki Beyaz Gazete, Kamis (28/7/2016), rencana mengubah rumah Gulen menjadi toilet umum itu atas permintaan warga setempat.

Setelah mendengar rencana itu dari sumber pemerintah setempat, wartawan Turki Latif Simsek mengatakan; ”Saya pikir dia bercanda (tapi) kemudian saya menelepon Wali Kota Metropolitan Erzurum, Mehmet Sekman.”

Gulen, yang memimpin gerakan politik Hizmet dari AS, adalah mantan sekutu Erdogan yang berbalik menjadi musuh politik Presiden Turki tersebut.

Gulen telah membantah tuduhan Erdogan bahwa dirinya sebagai dalang kudeta militer yang gagal. Dia kemudian curiga bahwa upaya kudeta itu sebagai rekayasa Erdogan sendiri dengan partainya, AKP.

Erdogan telah menuntut ekstradisi Gulen dari AS, namun Washington masih menimbang permintaan itu. Sejak upaya kudeta yang berhasil digagalkan, sekitar 60 ribu orang yang dituduh pendukung Gulen dan anggota kelompok Hizmet telah ditahan dan dipecat dari pekerjaan mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6601 seconds (0.1#10.140)