Irjen Kemenag Sebut Pelayanan Haji Sudah Sesuai Target

Rabu, 14 Juni 2023 - 12:50 WIB
loading...
Irjen Kemenag Sebut Pelayanan Haji Sudah Sesuai Target
Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim mengatakan pengawasan dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan haji ini benar-benar efektif yang ditandai dengan kepuasan jemaah. Foto/SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) menilai pelaksanaan ibadah haji sudah sesuai target. Hal itu tercermin dari kepuasaan jemaah haji terhadap pelayanan yang diberikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Faisal Ali Hasyim mengatakan pengawasan dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan haji ini benar-benar efektif yang ditandai dengan kepuasan jemaah.



"Hasil sementara dari pantauan kita, dari enam aspek yang kita awasi dari mulai pelayanan petugas, pelayanan ibadah, akomodasi, konsumsi, dan transportasi serta pelayanan lainnya. Alhamdulillah berjalan sesuai dengan SOP dan target yang telah ditetapkan," ujarnya, Rabu (14/6/2023).

Faisal mengaku pihaknya fokus pengawasan terhadap akomodasi dan katering. Di katering, pihaknya sudah ke lapangan melihat langsung dapur katering dan sudah sesuai kontrak. Selain itu, jemaah juga menyatakan menu yang diberikan sesuai selera.

"Hal ini sesuai dengan keinginan kita agar menu yang disajikan sesuai dengan selera Nusantara," ucapnya.

Begitu juga dengan akomodasi, sejauh ini tidak ada keluhan berarti di lapangan. Faisal menyadari ada beberapa kendala di lapangan terkait akomodasi tapi itu karena ada faktor yang tidak bisa diperkirakan.

"Pantauan kami dari hasil pengawasan tidak ada masalah yang berarti. Termasuk dengan pelayanan petugas yang sigap melayani jemaah dengan baik. Konsen kami Irjen ini kan memastikan apa yang menjadi ukuran indikator keberhasilan pelayanan haji itu benar-benar dijaga," jelasnya.

Terkait dengan implementasi pelayanan haji ramah lanjut usia (lansia), Faisal menyebut semua sudah berjalan dengan rapi. Tidak ada jemaah haji yang terabaikan, tidak dilayani.

"Dalam beberapa hal memang kita mengharapkan kerja sama antara mereka sesama jemaah. Meski sudah menambah petugas khusus mengurusi lansia tetap saja, karena jemaah lansia kita banyak maka ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Tapi secara umum saya memantau tidak ada jemaah kita yang terlantar atau tidak diurus," paparnya.

Menjelang puncak haji, Faisal mengaku telah mengawasi persiapan sejak Januari. Dari hasil pemantauan di Arafah dan Mina banyak sekali perbaikan-perbaikan. Di Arafah misalnya, sudah ada penambahan-penambahan toilet.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Agama toilet komposisinya 40% laki-laki dan 60% perempuan. Kita harapkan dengan tambahan toilet jemaah jadi bisa nyaman," kata Faisal.



Begitu juga dengan dapur katering, saat ini sudah ada penambahan. Sehingga diharapkan saat di Arafah dan Mina tidak ada antrean panjang jemaah yang menyebabkan jemaah tidak mendapatkan konsumsi secara on time.

"Ini salah satu yang kita kawal yakni konsumsi diterima jemaah haji tepat waktu," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)