Diwarnai Aksi Protes, Konvensi Partai Demokrat AS Berlangsung Panas

Selasa, 26 Juli 2016 - 14:37 WIB
Diwarnai Aksi Protes, Konvensi Partai Demokrat AS Berlangsung Panas
Diwarnai Aksi Protes, Konvensi Partai Demokrat AS Berlangsung Panas
A A A
WASHINGTON - Hari pertama gelaran konvensi Partai Demokrat yang berlangsung di Philadelphia berlangsung panas. Para pendukung Bernie Sanders menggelar aksi protes yang dipicu skandal email petinggi Partai Demokrat yang ingin menyingkirkan Senator Vermont itu.

Sementara konvensi politik secara tradisional dilihat sebagai cara untuk menyatukan partai, hal itu tidak terjadi dalam konvensi Partai Demokrat kali ini. Para pendukung Sanders menggelar aksi protes dengan meneriakan ketidakpuasan mereka dan memberikan dukungan bagi jagoannya.

Akibat aksi protes ini, polisi telah menangkap 3 orang diluar arena konvensi, sedangkan laporan media lokal bahwa 13 telah ditahan setelah mencoba untuk melanggar gerbang keamanan. Selain itu, para pejabat menghapus tanda pro Sanders dan dilaporkan mengancam akan mencabut mandat dari para pengunjuk rasa seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (26/7/2016).

Ketegangan di arena konvensi Partai Demokrat ini tidak terlepas dari bocornya puluhan ribu email petinggi partai yang dirilis oleh WikiLeaks. Bocoran email itu menunjukkan preferensi partai untuk mantan sekretaris negara Hillary Clinton.

Skandal email ini pun memakan korban. Ketua Komite Nasional Partai Demokrat (DNC), Debbie Wasserman Schultz, mengundurkan diri dari jabatannya jelang dilangsungkannya konvensi partai itu.

Baca juga:
Cegah Perpecahan, Ketua Komite Nasional Partai Demokrat AS Mundur
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3690 seconds (0.1#10.140)