Pendukung Kudeta Turki Dilaporkan Disiksa dan Diperkosa

Senin, 25 Juli 2016 - 06:19 WIB
Pendukung Kudeta Turki Dilaporkan Disiksa dan Diperkosa
Pendukung Kudeta Turki Dilaporkan Disiksa dan Diperkosa
A A A
LONDON - Kelompok HAM internasiona, Amnesty Internasional (AI) mengklaim pendukung kudeta militer yang gagal di Turki telah disiksa dan diperkosa dalam tahanan. AI mengaku mengantongi bukti kredibel atas perlakukan kejam di penjara Turki.

Laporan AI didasarakan pada wawancara dengan pengacara, dokter dan mereka yang bertugas di fasilitas tahanan. Mereka melukiskan gambaran suram kehidupan di dalam penjara. Salah satu narasumber mengatakan penyiksaan dilakukan agar mereka yang ditahan mau mengaku. Sedangkan dua pengacara menggambarkan bagaimana mereka melihat perwira militer senior diperkosa.

Dikutip dari laman Metro, Senin (25/7/2016), laporan tersebut juga mengklaim tahanan yang berhada di fasilitas tahanan berada dalam posisi tertekan. Beberapa diantaranya bahkan tidak diberikan makanan, air, dan perawatan medis.

Namun, seorang pejabat senior Turki membantah keras laporan tersebut. "Pernyataan yang menyatakan bahwa Turki, sebuah negara yang tengah berusaha menjadi anggota Uni Eropa, tidak menghormati hukum tidak masuk akal," katanya.

"Kami dengan tegas membantah tuduhan tersebut dan mendorong kelompok advokasi untuk memberikan catatan untuk langkah-langkah hukum yang diambil terhadap orang-orang yang membunuh hampir 250 warga sipil dengan darah dingin," imbuhnya.

Pasca kudeta berdarah yang gagal, lebih dari 13 ribu orang telah ditahan dimana sebagian besar dari mereka adalah anggota militer. Selain itu ada pula hakim, jaksa, polisi dan warga sipil di antara mereka yang ditangkap.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3343 seconds (0.1#10.140)