Rezim Assad Siap Lanjutkan Pembicaraan Damai

Senin, 25 Juli 2016 - 05:23 WIB
Rezim Assad Siap Lanjutkan Pembicaraan Damai
Rezim Assad Siap Lanjutkan Pembicaraan Damai
A A A
DAMASKUS - Pemerintah Suriah mengatakan siap untuk melanjutkan pembicaraan damai lebih lanjut dengan kelompok oposisi. Hal itu dimaksudkan untuk mencari solusi politik bagi konflik yang telah berlangsung selama lima tahun itu.

"Suriah siap untuk melanjutkan dialog Suriah-Suriah tanpa prasyarat dan tanpa campur tangan asing, dengan dukungan dari PBB," begitu laporan kantor berita Suriah, SANA, mengutip pernyataan seorang pejabat di kementerian luar negeri seperti disitir dari Al Arabiya, Senin (25/7/2016).

PBB berharap untuk mengadakan putaran baru pembicaraan perdamaian intra-Suriah di Jenewa pada bulan Agustus. Begitu pernyataan utusan khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengatakan pekan ini.

Putaran pembicaraan sebelumnya tahun ini rusak karena pertempuran meningkat, khususnya di sekitar Aleppo, di mana pasukan pemerintah baru-baru ini memotong satu-satunya jalan ke daerah-daerah yang dikuasai pemberontak dari kota utara yang terbagi.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) dan Rusia tengah membahas usulan Washington untuk kerjasama militer yang lebih dekat. Keduanya juga membahas kemungkinan untuk berbagi informasi intelijen Suriah guna memerangi kelompok ekstremis.

Selain itu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan bahwa Washington dan Damaskus telah mencapai kesepakatan terkait langkah yang diperlukan untuk mencapai proses perdamaian.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)