Turki Tangkap Keponakan Fethullah Gulen

Minggu, 24 Juli 2016 - 00:54 WIB
Turki Tangkap Keponakan Fethullah Gulen
Turki Tangkap Keponakan Fethullah Gulen
A A A
ANKARA - Turki menangkap seorang keponakan ulama yang berbasis di Amerika Serikat (AS) sekaligus tokoh oposisi Fethullah Gulen. Ini adalah pertama kalinya salah satu kerabat dari Gulen mendapat tindakan tegas dari Turki.

Muhammet Sait Gulen dibahwa ke ibukota Ankara setelah ia ditahan di Erzurum, sebelah timur Turki. Wilayah itu disebut-sebut menjadi wilayah tempat Gulen menyebarkan pandangannya dan dekat dengan tempat kelahirannya di Kocruk.

Seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Minggu (24/7/2016), wilayah Ezurum diduga telah menjadi rumah bagi pendukung Gulen dan anggota gerakan Hizmet yang oleh pihak berwenang Turki disebut berada di balik kudeta berdarah pada 15 Juli lalu.

"Keponakan Gulen ditahan sehubungan dengan kudeta, dimana otoritas keamanan Turki mengatakan dilakukan oleh Organisasi Teroris Fethullah," demikian laporan kantor berita Anadolu. Anadolu juga mengatakan jika keponakan Gulen mempunyai informasi bocoran pertanyaan ujian pegawai negeri dari 2010.

Pemerintah Turki menyatakan jika Gulen, musuh dari Presiden Erdogan yang berada di pengasingannya di Pennsylvania, adalah dalang percobaan kekuasaan yang gagal pada akhir pekan lalu. Namun, Gulen dengan tegas membantah tuduhan itu dan bahkan mengutuk aksi kudeta yang menewaskan ratusan orang itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3610 seconds (0.1#10.140)