Terungkap, Pilot Berlatih Terbang Bunuh Diri sebelum MH370 Hilang

Sabtu, 23 Juli 2016 - 13:35 WIB
Terungkap, Pilot Berlatih Terbang Bunuh Diri sebelum MH370 Hilang
Terungkap, Pilot Berlatih Terbang Bunuh Diri sebelum MH370 Hilang
A A A
KUALA LUMPUR - Sebuah dokumen rahasia polisi mengungkap bahwa kapten pilot Zaharie Shah berlatih terbang bunuh diri seminggu sebelum menerbangkan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang misterius. Pesawat MH370 hilang saat terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014.

Sebanyak 227 penumpang dan 12 kru ikut hilang bersama pesawat MH370. Menurut dokumen rahasia itu, pilot menggunakan simulator berlatih menabrakkan pesawat ke Samudera Hindia.

Majalah New York mengutip dokumen itu melaporkan bahwa hilangnya MH370 bukan kecelakaan, tapi misi bunuh diri secara cermat yang direncanakan oleh pilot.

Rute latihan pilot pada simulator adalah pesawat dari Kuala Lumpur sebelum menuju ke selatan melalui hamparan terpencil di Samudera Hindia.

Rute ini mirip dengan rute yang oleh penyelidik diyakini sebagai rute pesawat MH370 sebelum menghilang. Data simulator sudah diambil FBI dari komputer dan digunakan oleh Kepolisian Malaysia selama penyelidikan tragedi pesawat itu.

Namun, temuan itu dirahasiakan dari publik ketika polisi Malaysia merilis penyelidikan resmi mereka pada Maret lalu.

Sebelum menerbangkan pesawat maut tersebut, pilot Zaharie Shah sempat dikabarkan mengalami masalah rumah tangga dengan istrinya.

Bocoran dokumen rahasia polisi itu muncul setelah pejabat dari Malaysia, China dan Australia mengakui bahwa pencarian pesawat dihentikan sementara karena misi dua tahun belum membuahkan hasil yang memuaskan.

”Dengan kurang dari 10.000 kilometer persegi (3.861 mil persegi) dari area pencarian yang diprioritaskan, para menteri mengakui bahwa meskipun upaya terbaik dari semua yang terlibat kemungkinan menemukan pesawat telah memudar,” bunyi pernyataan menteri transportasi ketiga negara setelah pertemuan di Malaysia, seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (23/7/2016).

Namun, para kerabat penumpang pesawat MH370, tetap mendesak pemerintah terkait untuk meningkatkan pencarian pesawat. Jacquita Gonzales, istri pramugara MH370 Patrick Gomes, mengatakan, China dan Malaysia tidak memberikan kontribusi cukup untuk upaya pencarian.

”China, Anda bisa melakukan lebih. Maaf karena begitu terang tetapi Anda memiliki hal yang paling dipertaruhkan di sini,” katanya pada konferensi pers.

”(Malaysia), Anda perlu melakukan sedikit dan tidak hanya mengatakan ‘Saya sangat menyesal, kami kekurangan dana, ada tempat lain untuk mencari’,” lanjut Jacquita.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3749 seconds (0.1#10.140)