Istana Jepang Bantah Kabar Kaisar Akihito Turun Takhta

Kamis, 14 Juli 2016 - 20:44 WIB
Istana Jepang Bantah Kabar Kaisar Akihito Turun Takhta
Istana Jepang Bantah Kabar Kaisar Akihito Turun Takhta
A A A
TOKYO - Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang membantah kabar rencana Kaisar Akihito untuk turun takhta. Pihak Istana menyatakan, bahwa kaisar berusia 82 tahun itu tidak ada rencana untuk turun takhta.

Pihak Istana membantah laporan NHK, pada Rabu kemarin, yang mengutip sebuah sumber yang menyatakan Kaisar berniat untuk turun takhta dan menyerahkan kepada putranya, seperti dikutip dari laman Asian Correspondent, Kamis (14/7/2016).

"Kabar ini sama sekali tidak benar. Kaisar telah lama menahan diri untuk membahas isu-isu yang sistematis dari dari pertimbangan posisi konstitusional Yang Mulia," kata Wakil Kepala Badan Rumah Tangga Kekaisaran, Shinichiro Yamamoto.

Kaisar Akihito dilaporkan telah mengalami masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir dan menderita serangan influenza pada awal tahun ini.

Kaisar Akihito, yang telah memerintah selama 27 tahun, menggantikan ayahnya Hirohito pada tahun 1989 dan menjadi yang pertama dari kekaisaran Jepang yang memegang posisi dalam kapasitas hanya simbolis.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)