Amalan yang Lebih Baik daripada Memperoleh 3 Unta Terbaik

Kamis, 08 Juni 2023 - 22:17 WIB
loading...
Amalan yang Lebih Baik daripada Memperoleh 3 Unta Terbaik
Inilah amalan yang lebih baik daripada mendapatkan unta terbaik. Keutamaan mempelajari Al-Quran tidak sebanding dengan nilai unta terbaik yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Foto/ist
A A A
Di antara banyak amalan, ada satu amalan yang fadilahnya lebih baik dari mendapatkan tiga unta terbaik. Unta merah merupakan kendaraan terbaik dan harta yang sangat istemewa di zaman Rasulullah SAW.

Untuk diketahui, 1 ekor unta rata-rata harganya Rp55 juta. Namun, untuk unta merah harganya bisa mencapai 200 Dinar. Sedangkan 1 Dinar setara Rp2,2 juta karena pada masa Rasulullah SAW, seekor kambing dihargai 1 Dinar. Nilai Rp2,2 juta itu adalah takaran di masa Nabi.

Jika dikonversi di masa sekarang, 1 Dinar emas nilainya setara dengan 4 gram emas. Sedangkan 1 gram emas (keluaran Antam hari ini) dihargai Rp900.000 - Rp1 Juta. Maka Rp9.000.000 dikali 4 sama dengan Rp3,6 juta. Bisa dibayangkan 3 ekor unta terbaik nilainya bisa ratusan juta rupiah.

Kembali ke topik, Rasulullah SAW mengabarkan bahwa ada satu amalan yang lebih baik dari perniagaan unta. Dalam Kitab Fadhoil Amal, Syaikh Zakariya Al-Kandahlawi mengetengahkan Hadis Nabi. Beliau bersabda:

عَن عُقبةً بنِ عَامِرٍ رَضيِ اللٌهٌ عَنهٌ قَالَ خَرَجَ عَلَينًا رَسُولٌ اللٌه صَلْي اللٌه عَلَيهِ وَسَلٌمَ وَنخَنُ فيِ الصفٌةِ فَقَالَ اَيٌكُم يُحبٌ اَن يَغدُ وَ كُلٌ يَومٍ اِلي بُطحَانَ اَواَلى الَعقَيقَ فَيَاٌتيِ بِنَاقَتَينِ كَومَاوَينِ فِي غَيِر اِثمٍ وَلآ قَظيعَةِ رَحَمٍ فَقُلنَا يَارَسُولَ اللٌهِ كُلٌنَا نُحِبٌ ذَالِكَ قَالَ اَفَلآ يَغدُو اَحَدُكُمَ اِلَى المسَجِدِ فَيَتَعَلَمَ اَوفَيَقَرٌاَ ايَتَينِ مِن كِتَابِ اللٌه خَيرٌلَه مِن نَاقَتَينِ وَثَلآثُ خَيرُلَه مِن ثَلآثٍ وَاَربَعُ خَيرُلَه من اربع ومن اعدادهن من الأبل .(رواه مسلم وابو داوود).

Dari Uqbah bin Amir radhiyallahu 'anhu ia menceritakan, "Rasulullah SAW datang menemui kami di shuffah, lalu beliau bertanya, 'Siapakah di antara kalian yang suka pergi setiap hari ke pasar Buth-han atau Aqiq lalu ia pulang dengan membawa dua ekor unta betina dari jenis terbaik tanpa melakukan satu dosa atau memutuskan tali silaturahmi?' Kami menjawab: 'Ya Rasulullah, kami semua menyukai hal itu.' Rasululullah SAW bersabda: "Mengapa salah seorang dari kalian tidak ke masjid lalu mempelajari atau membaca dua ayat Al-Qur'an (padahal yang demikian itu) lebih baik baginya dari pada dua ekor unta betina. Tiga ayat lebih baik dari tiga ekor unta betina. Dan begitu pula membaca empat ayat lebih baik baginya dari empat ekor unta betina. Dan seterusnya sejumlah ayat yang dibaca mendapat sejumlah yang sama dari unta-unta." (HR Muslim dan Abu Dawud)

Shuffah adalah sebuah lantai khusus di Masjid Nabawi tempat orang-orang miskin Muhajirin tinggal. Mereka dikenal dengan sebutan Ahlush Shuffah (orang-orang shuffah). Jumlah sahabat ahlush shuffah selalu berubah dari waktu ke waktu.

Sedangkan Buth-han dan Aqiq adalah nama dua pasar perdagangan unta di Madinah. Orang Arab sangat menyukai unta, terutama unta betina yang berpunuk besar. Maksud tanpa melakukan suatu dosa adalah mendapatkan sesuatu dari orang lain tanpa usaha atau berkorban.

Bukan harta yang diperoleh melalui pemerasan, pencurian, atau merampas warisan sesama saudara. Karena itu, Rasulullah menyatakan dalam sabdanya, bahwa unta itu diperoleh tanpa bersusah payah sama sekali dan tanpa berbuat suatu dosa pun.

Keutamaan Mempelajari dan Membaca 1 Ayat Al-Qur'an
Rasulullah SAW menyatakan bahwa mempelajari beberapa Ayat Al-Qur'an itu lebih baik daripada mendapatkan semua harta unta itu. Mempelajari Al-Qur'an tidak sebanding dengan seekor atau dua ekor unta. Bahkan dengan kerajaan seluas tujuh benua sekalipun. Karena semua itu pasti akan ditinggalkan.

Sebaliknya, pahala membaca satu ayat Al-Qur'an akan bermanfaat untuk selama-lamanya. Dalam urusan keduniaan, kita dapat saksikan bahwa orang-orang yang diberi satu rupiah tanpa beban tanggung jawab apapun akan lebih senang daripada dipinjami seribu rupiah tetapi kelak akan diambil lagi.

Hadits di atas intinya mengingatkan kita betapa besarnya pahala membaca Al-Qur'an. Bahkan 1 huruf dari Al-Qur'an diganjar 10 kebaikan sebagaimana sabda beliau:

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi Aliif satu huruf, Laam itu satu huruf, dan Miim itu satu huruf." (HR at-Tirmidzi 2910)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)