Klaim Reinkarnasi Penyanyi Top, Pria Afsel Tiduri Janda Muda

Kamis, 30 Juni 2016 - 13:31 WIB
Klaim Reinkarnasi Penyanyi Top, Pria Afsel Tiduri Janda Muda
Klaim Reinkarnasi Penyanyi Top, Pria Afsel Tiduri Janda Muda
A A A
JOHANNESBURG - Seorang pria Afrika Selatan (Afsel) dihukum penjara selama 22 tahun atas tuduhan menipu dengan mengklaim sebagai reinkarnasi penyanyi top rakyat Zulu. Dengan klaim itu, pria tersebut membuat sensasi, termasuk leluasa meniduri janda muda.

Pria bernama Sibusiso Gcabashe, 33, mengaku sebagai reinkarnasi Khulekani Khumalo, penyanyi top rakyat Zulu yang kerap meraih penghargaan. Penyanyi tradisional itu meninggal pada tahun 2009.

Namun, Gcabashe membual kepada orang-orang bahwa penyanyi itu meninggal akibat serangan sihir dan dia sebagai reinkarnasinya.

Gcabashe didakwa dengan berbagai tuduhan, di antaranya pemerkosaan.

”Terdakwa diberi (hukuman) 22 tahun penjara atas pemerkosaan, penculikan, penyerangan, penipuan dan berusaha melarikan diri dari tahanan,” kata juru bicara Otoritas Kejaksaan Nasional, Natasha Ramkisson-Kara kepada AFP, Kamis (30/6/2016).

Gcabashe semula muncul di desa asal penyanyi Khumalo pada 2012. Klaimnya sebagai reinkarnasi Khumalo telah memicu kehebohan penduduk desa.

Ribuan penggemar penyanyi itu berdatangan ke Desa Nqutu di Provinsi KwaZulu-Natal untuk melihat idola mereka yang telah “reinkarnasi”.

“Dalam putusannya, hakim mengatakan bahwa Gcabashe telah mengambil keuntungan dari (janda) muda dan… naif,” lanjut Ramkisson-Kara.

Hakim pengadilan menyatakan klaim palsu terdakwa telah membuat keluarga penyanyi tersebut mengalami “trauma emosional”.

Khumalo yang juga dikenal dengan sebutan “Mgqumeni” merupakan penyanyi yang melegenda di kalangan rakyat Zulu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3514 seconds (0.1#10.140)