Menlu Retno: Kondisi Baik, 7 Sandera Indonesia Kadang Dipisah

Selasa, 28 Juni 2016 - 15:32 WIB
Menlu Retno: Kondisi Baik, 7 Sandera Indonesia Kadang Dipisah
Menlu Retno: Kondisi Baik, 7 Sandera Indonesia Kadang Dipisah
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan, tujuh anak buah kapal (ABK) Indonesia yang disandera kelompok bersenjata di Filipina dalam kondisi baik. Mereka telah disatukan namun terkadang dipisah.


Ketujuh warga negara Indonesia (WNI) itu, kata Retno, dipastikan diculik oleh dua kelompok bersenjata yang berbeda.


”Terkait pengembangan upaya penyelamatan tujuh ABK Indonesia di Filipina, sejak pernyataan terakhir pada Jumat 24 Juni lalu komunikasi dan koordinasi terus dilakukan secara intensif dengan pihak Indonesia maupun Filipina, hasil komunikasi dan koordinasi diperoleh info, pertama tujuh ABK dalam kondisi baik,” katanya, di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Jakarta Selasa Selasa (28/6/2016).


"Kedua, sandera diambil oleh dua keompok yang berbeda. Namun berdasarkan perkembangan dan informasi, saat ini mereka berada sudah berada di dalam satu kelompok. Walaupun kadang dipindahkan dan dipisah dalam dua kelompok,” ujarnya.


Retno lebih lanjut mengatakan ketujuh ABK itu tidak pernah tinggal di satu tempat yang sama. Tapi, diperkirakan masih di sekitar pulau Jolo, Filipina selatan.


”Kemenlu sudah menyampaikan perkembangan kepada keluarga terkait situasi yang dialami oleh para ABK yang disandera dari waktu ke waktu. Kemenlu tentu akan terus melakukan komunikasi untuk memberikan perkembangan kepada pihak keluarga,” ujar Menlu Retno.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3132 seconds (0.1#10.140)