Gara-gara Seekor Monyet, Listrik Seluruh Wilayah Kenya Padam

Rabu, 08 Juni 2016 - 10:49 WIB
Gara-gara Seekor Monyet, Listrik Seluruh Wilayah Kenya Padam
Gara-gara Seekor Monyet, Listrik Seluruh Wilayah Kenya Padam
A A A
GITARU - Seekor monyet telah disalahkan karena menyebabkan pemadaman listrik di seluruh wilayah Kenya setelah monyet itu jatuh ke sebuah trafo di gardu stasiun listrik.

Selama lebih dari tiga jam, seluruh warga di negara yang terletak di pantai timur Afrika itu hidup tanpa listrik setelah insiden jatuhnya seekor monyet di trafo gardu Stasiun Listrik Gitaru sekitar pukul 11.30 waktu setempat, kemarin.

Perusahaan Listrik KenGen merilis sebuah pernyataan yang mengkonfirmasi ulah monyet yang memicu pemadaman listrik secara nasional itu.

“Pada pukul 11.29 siang ini (kemarin), seekor monyet memanjat atap Stasiun Listrik Gitaru dan jatuh di transformator ,” bunyi pernyataan perusahaan.

”Hal ini menyebabkan mesin lain di pembangkit listrik untuk menyuplai (listrik) terhambat yang mengakibatkan hilangnya lebih dari 180MW, yang memicu pemadaman listrik nasional,” lanjut pernyataan Perusahaan Listrik KenGen, seperti dikutip Mirror, semalam (7/6/2016).

”Sistem telah dipulihkan dan semua unit pembangkit listrik kami beroperasi secara normal. Instalasi listrik KenGen kini dijamin dengan pagar listrik yang menjaga diri dari ‘perampokan’ binatang liar,” imbuh pihak KenGen.

”Kami menyesal atas insiden ini dan perusahaan mencari cara untuk lebih meningkatkan keamanan di semua pembangkit listrik kami.”

Pembangkit listrik Gitaru adalah yang terbesar dalam hal kapasitas pemasok listrik. Pembangkit ini mampu melayani seperilima dari total kebutuhan listrik di Kenya.

Akibat padamnya listrik selama lebih dari tiga jam itu banyak industri yang bergantung pada listrik terhenti operasinya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)