November, Kenya Tutup Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia

Rabu, 01 Juni 2016 - 19:07 WIB
November, Kenya Tutup Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia
November, Kenya Tutup Kamp Pengungsi Terbesar di Dunia
A A A
NAIROBI - Otoritas Kenya menyatakan akan menutup kamp pengungsi Dadaab di perbatasan negara itu dengan Somalia. Kamp pengungsi terbesar di dunia itu akan ditutup pada bulan November mendatang.

"Saya ingin menginformasikan kepada dunia, bahwa keputusan untuk menutup kamp Dadaab sudah final. Kami berharap untuk menutup kamp pada November tahun ini," kata Menteri Dalam Negeri Joseph Ole Nkaissery, seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Rabu (1/6/2016).

Kenya sendiri telah membentuk tim agar rencana ini bisa berjalan mulus. Untuk diketahui, kamp Dadaab menjadi rumah bagi 350 ribu pengungsi asal Somalia. Kenya berniat untuk mengembalikan para pengungsi ke negara asalnya atau menyerahkannya kepada negara ke tiga.

"Pihak kami akan mempersiapkan keamanan dan memastikan hal itu dilakukan dengan cara yang paling manusiawi. Tapi, ini adalah kewenangan UNHCR, kami ada hanya untuk membantu mereka mengembalikan mereka ke negaranya," jelas Nkaissery.

Namun, rencana Kenya ini mengundang keprihatinan yang mendalam dari UNHCR. Kendati begitu, UNHCR tetap memberikan apresiasi kepada Kenya atas perannya selama bertahun-tahun menjadi rumah bagi para pengungsi. Saat ini, Kenya telah menjadi rumah bagi sekitar 600.000 pengungsi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)