Memanas, Korut Ancam Tembak Kapal Perang Korsel

Sabtu, 28 Mei 2016 - 20:12 WIB
Memanas, Korut Ancam Tembak Kapal Perang Korsel
Memanas, Korut Ancam Tembak Kapal Perang Korsel
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengancam akan menembak kapal perang Korea Selatan (Korsel) jika mereka melintasi wilayah perbatasan di perairan kedua negara. Ancaman ini dikeluarkan sehari setelah Angkatan Laut (AL) Korsel melepaskan tembakan peringatan untuk mengusir dua kapal Korut dari wilayah yang disengketakan.

Dalam pernyataannya, militer Korut menyebut aksi tembakan peringatan Korsel adalah aksi provokasi militer yang sembrono. Aksi itu telah menggagalkan dialog duo Korea tersebut.

"Provokasi militer yang sembrono ini jelas didorong oleh rencana jahat berencana untuk menggoda hubungan Utara-Selatan dan memperburuk ketegangan di Semenanjung Korea," pernyataan militer Korut dikutip dari ABC News, Sabtu (28/5/2016).

Militer Korut pun menyatakan kapal AL Korut akan langsung menembak kapal milik Korsel yang kedapatan melintasi wilayah perbatasan tanpa memberikan peringatan.

Sebelumnya, Korsel menyatakan salah satu kapal perangnya mengeluarkan lima kali tembakan peringatan untuk mengusir kapal militer Korut dan perahu nelayan yang menyeberangi wilayah perbatasan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4514 seconds (0.1#10.140)