Yunani: Tanpa Rusia, Eropa Tidak Aman

Sabtu, 28 Mei 2016 - 19:52 WIB
Yunani: Tanpa Rusia, Eropa Tidak Aman
Yunani: Tanpa Rusia, Eropa Tidak Aman
A A A
ATHENA - Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras menuturkan, tanpa adanya kerjasama dengan Rusia, maka akan sangat sulit untuk menjaga keamanan di kawasan Eropa. Dirinya juga menyebut banyak negara di Eropa yang masih mempertahankan mentalitas perang dingin.

"Keamanan Eropa tidak dapat dicapai tanpa kerjasama dan dialog dengan Rusia," kata Tsipras dalam sebuah wawancara dengan media Rusia, seperti dilansir Russia Today pada Sabtu (28/5).

"Saya tidak percaya bahwa kita dapat bergerak maju atau memastikan kepatuhan dengan hukum internasional, sementara masih banyak diantara kita yang terjebak dalam lingkaran setan sanksi, militerisasi dan retorika perang dingin," sambungnya.

Tsipras sendiri diketahui telah melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kemarin. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin negara membahas sejumlah isu terkait Eropa, dan perkembangan hubungan kedua negara.

Kunjungan ke Yunani merupakan perjalanan pertama Putin ke negara anggota Uni Eropa dalam kurun waktu tujuh bulan terakhir, dan kunjungan ini datang hanya beberapa minggu sebelum Brussels memutuskan memperpanjang sanksi terhadap Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3229 seconds (0.1#10.140)