IAEA Sebut Iran Tak Pernah Langgar Kesepakatan Nuklir

Sabtu, 28 Mei 2016 - 17:42 WIB
IAEA Sebut Iran Tak Pernah Langgar Kesepakatan Nuklir
IAEA Sebut Iran Tak Pernah Langgar Kesepakatan Nuklir
A A A
NEW YORK - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menuturkan, sejauh ini Iran tetap menunjukan komitmen pada perjajian nuklir yang dicapai akhir tahun lalu. Salah satu buktinya adalah pengurangan air berat, yang digunakan dalam reaktor yang menghasilkan sejumlah besar plutonium.

Dalam sebuah laporan yang dirilis kemarin, IAEA mengatakan Iran terus berusaha mengurangi air berat yang mereka miliki agar tetap berada dalam batas yang diizinkan, yakni 143,3 ton.

"Sepanjang periode pelaporan, Iran memiliki tidak lebih dari 130 metrik ton air berat. Total simpanan uranian yang dipekaya yang dimiliki oleh Iran Iran tidak melebihi 300 kg," kata IAEAN dalam laporannya, seperti dilansir Al Arabiya pada Sabtu (28/5).

Seorang pejabat IAEA menuturkan bahwa dunia internasional seharusnya tidak lagi takut pada ancaman nuklir Iran. Sebab, sampai sejauh ini Iran terus menunjukan komitmen pada pelaksaaan kesepakatan nuklir.

"Tidak boleh ada kejutan bagi siapa pun. Iran terus menghormati komitmennya. Pada titik ini, Iran diketahui secara jelas miliki cadangan uranium kurang dari 300 Kg, sesuatu yang seharusnya tidak membuat kita gelisah." ucap pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4670 seconds (0.1#10.140)