Rusia Siap Tangkal Ancaman Pasukan NATO di Perbatasan

Rabu, 25 Mei 2016 - 20:42 WIB
Rusia Siap Tangkal Ancaman Pasukan NATO di Perbatasan
Rusia Siap Tangkal Ancaman Pasukan NATO di Perbatasan
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, Rusia akan mengambil langkah yang diperlukan untuk menangkal ancaman terhadap keamanan nasional yang disebabkan penumpukan militer NATO di dekat perbatasan.

"Kami cenderung untuk tidak mendramatisir situasi. Pada saat yang sama, tentu saja, kita tidak bisa mengabaikan kecenderungan negatif yang disebabkan oleh kebijakan NATO yang sengaja merusak keseimbangan strategis kekuatan di Eropa," kata Lavrov.

"Termasuk penguatan potensi militer Aliansi Atlantik Utara, dekat perbatasan Rusia, menjadikan Eropa sebagai segmen dari pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) secara global," imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (25/5/2016).

Sejak 2014, NATO telah membangun kehadiran militernya di Eropa, khususnya di negara-negara Eropa timur yang berbatasan dengan Rusia. NATO beralasan, Moskow telah ikut campur dalam krisis di Ukraina.

Moskow sendiri berulang kali menyangkal tuduhan ini. Moskow pun menyatakan kehadiran pasukan NATO di perbatasan dapat merusak stabilitas regional dan global. "Tindakan ini tidak bisa digambarkan sebagai sesuatu yang bersifat picik dan menciptakan destabilisasi," kata Lavrov.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2738 seconds (0.1#10.140)