Erdogan Serukan Reformasi di Tubuh DK PBB

Selasa, 24 Mei 2016 - 18:18 WIB
Erdogan Serukan Reformasi di Tubuh DK PBB
Erdogan Serukan Reformasi di Tubuh DK PBB
A A A
ISTANBUL - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyerukan adanya perubahan di dalam tubuh Dewan Keamanan (DK) PBB. Dalam pandangannya, formasi DK PBB saat ini sudah tidak maksimal untuk menjalankan tugasnya.

"Perlu adanya perubahan yang mendesak di tubuh DK PBB agar mereka bisa menjalankan fungsinya dengan benar," kata Erdogan dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Tinggi Kemanusian pertama yang diselenggarakan di Istanbul.

Dirinya menuturkan, salah satu hal yang harus diubah adalah penggunaan hak veto yang dimiliki oleh anggota tetap DK PBB. Erdogan menyebut hak istimewa ini harus dibatasi penggunaannya agar tidak digunakan sewenang-wenang.

"Penggunaan hak veto oleh lima anggota tetap DK PBB harus dibatasi," ucapnya, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (24/4).

Sebelum Turki, Indonesia sudah terlebih dahulu menyerukan perubahan, bukan hanya di tubuh DK PBB, tetapi di PBB secara keseluruhan. Seruan ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka Konfrensi Asia Afrika di Jakarta pada pertengahan tahun lalu.

Dalam pidatonya kala itu, Jokowi menilai bahwa PBB saat ini sudah kehilangan tajinya. "Di saat sekelompok negara kaya mengatakan bisa mengubah dunia dengan niatnya sendiri, maka ketidakseimbangan global telah menghancurkan kita semua. Sementara makin kuat terlihat bahwa PBB tidak bisa melakukan apa-apa," kata Jokowi kala itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)