Rusia Takut Sosok Ini Jadi Pemimpin Baru Taliban

Senin, 23 Mei 2016 - 20:49 WIB
Rusia Takut Sosok Ini Jadi Pemimpin Baru Taliban
Rusia Takut Sosok Ini Jadi Pemimpin Baru Taliban
A A A
MOSKOW - Tewasnya pemimpin Taliban, Mullah Mansour ternyata membawa kekhawatiran tersendiri bagi Rusia. Negeri Beruang Merah itu takut akan sosok yang kemungkinan menggantikan Mansour sebagai pemimpin kelompok pemberontak di Afghanistan dan Pakistan.

Rusia khawatir Taliban kelak akan menunjuk Saranj Haqqani sebagai pemimpin baru mereka. Haqqani disebut Rusia sebagai sosok paling buruk di Taliban, karena memiliki pandangan paling radikal dan ekstrim diantara anggota senior Taliban lainnya, bahkan jauh lebih radikal dari Mansour.

"Ini (kematian Mansour) berarti akan membuat Taliban memilih pemimpin baru. Satu yang terburuk adalah mereka memilih Saraj Haqqani sebagai pemimpin baru mereka, sosok yang paling radikal diantara figur pemimpin Taliban lainnya," ucap utuskan khusus Presiden Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov seperti dilansir Sputnik pada Senin (23/5).

Haqqani adalah otak dari serangkaian aksi bom bunuh diri dan serangan yang dilakukan oleh Taliban di wilayah Afghanistan. Saat ini Haqqani diketahui merupakan orang kepercayaan, dan merupakan wakil dari Mansour.

Mansour sendiri tewas dalam serangan udara yang dilancarkan oleh Amerika Serikat (AS) di wilayah perbatasan Afghanistan dan Pakistan. Kepastian tewasnya Mansour disampaikan langsung oleh Presiden AS Barack Obama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4134 seconds (0.1#10.140)