Jawa Adalah Kunci, Ungkapan PKI yang Dianggap Masih Berlaku

Sabtu, 27 Mei 2023 - 18:10 WIB
loading...
Jawa Adalah Kunci, Ungkapan PKI yang Dianggap Masih Berlaku
Jawa adalah kunci merupakan kalimat yang dilontarkan oleh Syubah Asa ketika memerankan DN Aidit dalam film Gerakan 30 September PKI. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jawa adalah kunci merupakan kalimat yang dilontarkan oleh Syubah Asa ketika memerankan DN Aidit dalam film Gerakan 30 September PKI . Belakangan ini, kalimat tersebut sempat populer di sosial media.

Dalam dialognya, disebutkan bahwa "kunci kemenangan adalah Jawa, siapa bisa menguasai Jawa itulah yang menang, jadi Jawa adalah kunci."

Kalimat yang diucapkan pada saat adegan rapat PKI itu memberikan pesan bahwa, dengan menguasai Jawa maka akan dapat menguasai Indonesia.



Bukan rahasia lagi bila Pulau Jawa memang lebih diprioritaskan dalam hal pembangunan infrastruktur di era Presiden Soekarno.

Ungkapan yang telah ada sejak puluhan tahun lalu ini rupanya dianggap masih berkaitan dengan masa sekarang. Jawa masih menjadi kunci untuk seseorang dapat berkuasa di Indonesia.

Bisa dibilang bahwa Jawa merupakan roh dan jantung Indonesia. Bila hendak menaklukkan Indonesia maka taklukkan dulu Pulau Jawa, maka nantinya wilayah lain akan tunduk.

Berdasarkan data BPS, secara jumlah penduduk Pulau Jawa menjadi yang terpadat di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai 154,34 juta jiwa pada Juni 2022.

Jumlah tersebut tentunya jauh lebih banyak ketimbang penduduk di Pulau Kalimantan yang hanya punya 16,89 juta penduduk di tahun 2022, meski telah menyandang predikat sebagai pulau terbesar di Indonesia.

Dengan banyaknya penduduk tersebut membuat perekonomian di Jawa lebih dominan ketimbang wilayah lain. Sampai saat ini Jawa masih menjadi pusat ekonomi Indonesia dengan kontribusi besarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)