Rekor, Suhu Panas di India Capai 51 Derajat Celcius

Jum'at, 20 Mei 2016 - 21:12 WIB
Rekor, Suhu Panas di India Capai 51 Derajat Celcius
Rekor, Suhu Panas di India Capai 51 Derajat Celcius
A A A
NEW DELHI - Kantor cuaca di India menyatakan, sebuah kota di negara bagian Rajasthan India telah memecahkan rekor suhu terpanas di negara itu, yaitu 51 derajat Celcius. Suhu ini adalah yang tertinggi sejak pencatatan dimulai.

Rekor itu dicatat kota Phalodi, di tengah hantaman gelombang panas yang menerjang India. Rekor sebelumnya untuk suhu terpanas adalah 50,6 derajat Celcius pada tahun 1956.

"Kemarin adalah suhu terpanas yang pernah tercatat di negara ini, 51 derajat Celcius di Phalodi," pernyataan BP Yadav, kantor cuaca India kepada kantor berita AFP dikutip dari BBC, Jumat (20/5/2016).

Kantor prakiraan cuaca itu telah mengeluarkan peringatan kemungkinan terjadinya kondisi gelombang panas yang parah di sebagian besar bagian utara India dan bagian barat pada akhir pekan.

India menyatakan suhu gelombang panas maksimum menyentuh level 45 derajat Celsius. Angka ini lima derajat lebih tinggi dari rata-rata untuk wilayah di negara itu pada tahun-tahun sebelumnya.

Gelombang panas di India telah merenggut puluhan nyawa di negara bagian selatan India, dari Telangana dan Andhra Pradesh. Bantuan permanen dari fenomena ini hanyalah mengharapkan datangnya musim hujan yang biasanya datang pada pertengahan Juni.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4798 seconds (0.1#10.140)