Korut Mengaku Sudah Bebaskan Kapal Rusia

Minggu, 15 Mei 2016 - 17:31 WIB
Korut Mengaku Sudah Bebaskan Kapal Rusia
Korut Mengaku Sudah Bebaskan Kapal Rusia
A A A
PYONGYANG - Konsul Jenderal Rusia di Korea Utara, Chongjin Yuri Bochkarev mengatakan, pemerintah provinsi Hamgyong telah memberitahu diplomat Rusia bahwa kapal pesiar yang membawa atlet Rusia telah mendapatkan izin untuk meninggalkan negara itu.

Konsul Rusia juga menambahkan, kapal pesiar itu telah dibersihkan di pelabuhan Kimchaek. Sebelumnya, Konsul Jenderal Rusia mengadakan pertemuan dengan Departemen Hubungan Eksternal administrasi Provinsi Hamgyong utara atas penahanan kapal pesiar tersebut.

"Kami diberitahu bahwa ada izin untuk meninggalkan pelabuhan (Kimchaek) dan negara Korut, tanpa penjelasan lebih lanjut," kata Bochkarev sembari menambahkan Departemen Hubungan Eksternal mengklaim kapal itu sudah berlayar dikutip dari Sputnik, Minggu (15/5/2016).

Pada hari Sabtu, penjaga pantai Korea Utara (Korut) telah menahan sebuah kapal pesiar yang membawa atlet asal Primorye, Rusia. Pernyataan itu dikeluarkan perwakilan pusat penyelamatan Vladivostok.

Kabar ini pun dibenarkan oleh Otoritas Transportasi Timur Jauh Rusia. Mereka menyatakan bahwa kapal pesiar bernama Elfin tersebut telah ditahan oleh otoritas Korut. Namun, mereka mengatakan bahwa kapal tersebut berada di perairan netral saat ditahan.

(Baca juga: Penjaga Pantai Korut Tangkap Kapal Pengangkut Atlet Rusia)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4611 seconds (0.1#10.140)