Pasukan Yaman Tangkap 250 Anggota Al-Qaeda

Sabtu, 14 Mei 2016 - 17:41 WIB
Pasukan Yaman Tangkap 250 Anggota Al-Qaeda
Pasukan Yaman Tangkap 250 Anggota Al-Qaeda
A A A
SANAA - Pasukan pemerintah Yaman telah menangkap sekitar 250 anggota al-Qaeda, setelah berhasil merebut kembali Mukalla, kota terbesar di tenggara negara itu pada bulan lalu. Semua penangkapan itu dilakukan di Mukalla dan sekitarnya.

"Kami telah menangkap sekitar 250 anggota al-Qaeda, termasuk beberapa pemimpin mereka, sejak kami memulai operasi," kata Jenderal Faraj Salmin, seperti disitat dari Al Arabiya, Sabtu (14/5/2016).

Salmin adalah komandan zona militer dua yang meliputi Mukalla, ibukota provinsi padang pasir yang luas dari Hadramaut. Kota pelabuhan itu telah direbut kembali dari tangan militan Al-Qaeda pada 24 April.

"Salah satu pemimpin militan, Mohammed Saleh al-Orabi yang menyebut dirinya emir Shar, ditahan pada Kamis lalu di daerah yang namanya sama dengan dirinya sekitar 60 kilometer timur dari Mukalla," tambahnya.

Al-Qaeda menduduki kota itu selama satu tahun, dan memberlakukan hukum Islam yang ketat pada warga lokal. Pasukan khusus dari UEA, anggota koalisi yang dipimpin Saudi guna memerangi pemberontak Houthi Syiah di Yaman, memainkan peran utama dalam merebut kembali Mukalla.

Pekan lalu, Amerika Serikat mengatakan bahwa "sejumlah kecil" tentara Amerika juga terlibat dalam operasi itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)