PBB: Serangan di Idlib Adalah Kejahatan Perang

Jum'at, 06 Mei 2016 - 19:40 WIB
PBB: Serangan di Idlib Adalah Kejahatan Perang
PBB: Serangan di Idlib Adalah Kejahatan Perang
A A A
NEW YORK - Wakil Seketaris Jenderal PBB bidang kemanusiaan, Stephen O'Brien menuturkan, serangan yang terjadi di Idlib, Suriah masuk dalam kategori kejahatan perang. Setidaknya 28 orang tewas dalam serangan itu.

Dalam sebuah pernyataan, O'Brien mendesak untuk segera dilakukan penyidikan terhadap serangan yang menghantam wilayah di dekat perbatasan Turki-Suriah itu. Jika terbukti serangan ini disengaja, lanjut O'Brien, maka serangan ini memang merupakan sebuah kejahatan perang.

"Pemboman sebuah kamp pengungsi Suriah yang menyebabkan puluhan warga sipil tewas dan terluka dan diduga dilakukan pemerintah Bashar al-Assad bisa dianggap kejahatan perang," kata O'Brien, seperti dilansir The Guardian pada Jumat (6/5).

"Penyilidikan harus segera dilakukan. Jika serangan tidak senonoh ini diketahui memang secara sengaja menyerang struktur sipil, ini bisa dianggap sebagai kejahatan perang," sambungnya.

Belum diketahui secara pasti pihak mana sebenarnya yang melakukan serangan itu. pemerintah Suriah membantah bahwa merekalah yang melakukan serangan itu, dan menuturkan militer Suriah sudah satu pekan tidak beroperasi di wilayah Idlib.

Bantahan serupa juga dilontarakan oleh Amerika Serikat (AS). Juru bicara Gedung Putih, John Earnest menyatakan saat serangan itu terjadi tidak ada satupun jet tempur AS, ataupun jet tempur koalisi pimpinan AS yang melakukan operasi di Idlib.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3634 seconds (0.1#10.140)