ISIS Kuasai Ladang Gas di Suriah Timur

Jum'at, 06 Mei 2016 - 17:37 WIB
ISIS Kuasai Ladang Gas di Suriah Timur
ISIS Kuasai Ladang Gas di Suriah Timur
A A A
DAMASKUS - Kelompok militan ISIS berhasil menguasai ladang gas utama di Shaer, Suriah timur. Keberhasilan ini adalah yang pertama bagi kelompok ekstrimis itu di daerah gurun Palmyra, setelah mereka kehilangan kota kuno itu pada bulan Maret lalu.

Kantor berita yang berafiliasi dengan kelompok itu, Amaq, menyatakan ISIS telah mengambil alih wilayah ladang gas dan fasilitas yang dikuasai tentara Suriah. Sedikitnya, 30 tentara tewas dan menyita sejumlah senjata berat, termasuk tank dan rudal, seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (6/5/2016).

Kelompok pemantau, Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) mengatakan, militan ISIS berhasil merebut wilayah ladang gas yang terletak sekitar 150 km sebelah barat laut dari Palmyra, setelah melancarkan serangan selama tiga hari.

"Para militan ISIS berhasil merebut daerah tersebut, meskipun pemboman udara terus dilakukan untuk mendorong mereka keluar dari wilayah tersebut," bunyi pernyataan SOHR.

Militan ISIS sempat menguasai fasilitas dan ladang gas di dekat provinsi Homs, setelah berulang kali melakukan serangan. Namun, pada akhir 2014, pasukan pemerintah berhasil merebutnya kembali, meski kelompok militan itu terus menyerang untuk bisa menguasainya lagi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)