Karunia Indah Punya Anak Perempuan, Ini Keistimewaannya

Selasa, 23 Mei 2023 - 16:36 WIB
loading...
Karunia Indah Punya Anak Perempuan, Ini Keistimewaannya
Keutamaan memiliki anak perempuan, apabila bersabar mendidik dan menafkahinya maka kelak akan menjadi tameng dari neraka bagi orang tuanya. Foto/Ist.
A A A
Dai yang juga pengasuh Ma'had Subuluna Bontang Kalimantan Timur, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengemukakan beberapa keistimewaan memiliki anak perempuan.

Diceritakan, adalah Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah jika ada dari sahabatnya yang diberi rezeki kelahiran anak perempuan, maka beliau akan mengucapkan selamat dan menyampaikan pesan:

أخبروه أن الأنبياءَ آباءُ بنات ! لا يزالُ الرَّجل عقيمًا من
الذّرارِي ؛ حتىٰ يُوهب البنَات ، وإنْ كانَ لهُ مِئة منَ الأبنَاءِ إنَّ البناتَ ذخائرٌ من رحْمةٍ ،وكنوزُ حبٍّ صادقٍ ،ووَفاء

"Berikan ia kabar gembira bahwa sesungguhnya para nabi adalah bapak dari anak-anak perempuan. Seakan-akan seseorang itu terhitung mandul, hingga ia memiliki anak perempuan. Meski dia memiliki 100 anak laki-laki, tetap anak perempuan adalah sumber utama kasih sayang, simpanan rasa cinta yang jujur dan ketulusan."

Dan sebuah syair yang indah tentang anak perempuan menyebutkan:

إنّ البيوت إذا البنات نزلنَ بها
مثل السماء إذا تزينت بنجومها

"Sungguh sebuah rumah jika telah hadir anak perempuan di tengah-tengah penghuninya, maka ia seperti langit yang telah terbit padanya bintang- gemintang."

Sayidina Amru bin Ash radhiyallahu 'anhu pernah masuk ke rumah Muawiyah dan ia sedang bersama putrinya yang bernama Aisyah, maka ia bertanya: "Siapa ini ?"

Muawiyah radhiyallahu 'anhu menjawab dengan ungkapan yang indah:

هذه تفاحة القلب ! فو الله مامرَّض المرضى ،ولا ندب الموتى، ولا أعان على الأحزان مثلهن

"Ini adalah buahnya hati. Demi Allah tidak akan merasa sakit orang sakit, dan tidak akan menyesal orang yang mati (karena membelanya). Tiada yang paling bisa meringankan kesedihan seperti halnya anak-anak perempuan."

Dan yang paling indah dari itu semua, tentang keindahan anak perempuan adalah perkataan Nabi Muhammad ﷺ tentang putrinya Sayyidah Fatimah radhiyallahu 'anhu:

قطعة منيّ يريبني ما يريبها ويؤذيني مايؤذيها

Artinya: "Sesungguhnya dia adalah bagian dariku, aku merasa senang dengan apa saja yang menyenangkannya dan aku juga merasa tersakiti atas apa yang menyakitinya..."

Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ فَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ، وَأَطْعَمَهُنَّ، وَسَقَاهُنَّ، وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: "Siapa yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar, memberinya makan, minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari Kiamat." (HR Ahmad, Ibnu Majah)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)