ISIS Hadapi Kehancuran di Irak

Selasa, 03 Mei 2016 - 19:47 WIB
ISIS Hadapi Kehancuran di Irak
ISIS Hadapi Kehancuran di Irak
A A A
BAGHDAD - Kementerian Pertahanan Irak mengatakan, saat ini ISIS tengah menghadapi kehancuran di negaranya. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya pemimpin dan komandan ISIS yang tewas dalam operasi yang dilancarakan pasukan gabungan Irak.

"ISIS telah kehilangan sebagian besar komandan senior dalam perang yang sedang berlangsung dengan tentara Irak di bagian selatan Mosul," kata juru bicara Kemhan Irak, Brigadir Jenderal Yahya Rasoul.

Dia mengatakan, kekalahan besar terbaru ISIS adalah di jalan yang menghubungkan Heet ke wilayah al-Baghdadi. Di wilayah itu, pasukan gabungan Irak yang dibantu oleh pasukan udara Suriah berhasil menghancurkan basis ISIS.

"ISIS juga telah kehilangan benteng penting di Irak Utara," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Fars News pada Selasa (3/5).

Rasoul menuturkan, dengan merebut kembali wilayah-wilayah penting yang sebelumnya berada di bawah kendali ISIS, ini berarti perlahan-lahan mengubur mimpi ISIS untuk mendirikan sebuah negara Islam, bukan hanya di Irak dan Suriah.

"Dengan direbutnya sejumlah wilayah penting dari tangan ISIS, ini berarti telah membuat impian ISIS untuk membangun sebuah negara dan membawa kita kepada kondisi pada beberapa abad silam, serta melakukan pembantaian terhadap wanita memudar," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4585 seconds (0.1#10.140)