Iran Klaim Telah Tangkap Pelaku Serangan Kedubes Saudi

Minggu, 01 Mei 2016 - 13:31 WIB
Iran Klaim Telah Tangkap Pelaku Serangan Kedubes Saudi
Iran Klaim Telah Tangkap Pelaku Serangan Kedubes Saudi
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran mengkalim telah berhasil menemukan dan menangkap para pelaku serangan terhadap Kedutaan Besar Arab Saudi. Serangan itu yang menjadi penyebab putusnya hubungan diplomatik antara Iran dan Saudi.

"Iran telah memenjarakan pelaku yang menyerbu kedutaan Saudi di ibukota Teheran pada awal Januari," kata Menteri Kedutaan Iran, Ali Jannati, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (1/5).

Jannati menuturkan, hal ini menunjukan bahwa Teheran serius ingin memperbaiki hubungan dengan seluruh negara di kawasan, termasuk Saudi. "Teheran ingin menemukan hubungan yang wajar dan seimbang berdasarkan pada kerjasama multilateral dengan negara-negara di wilayah ini," sambungnya.

Namun, dirinya enggan mengungkap identitas para pelaku serangan dan jumlah dari pelaku serangan yang ditangkap oleh kepolisian Iran. Jannati hanya mengatakan bahwa tindakan penyerbuan tersebut ditentang oleh semua pihak, dan semua pelaku akan mendapat hukuman.

"Serangan ini telah dikutuk oleh seluruh pejabat dalam pemerintahan Iran dan rezim Iran akan meminta pertanggungjawaban kepada semua pihak yang terlibat dalam insiden ini," imbuhnya.

Pernyataan Jannati sendiri sejatinya bertentangan dengan pengumuman Jaksa Agung Iran pada bulan Maret, yang mengatakan bahwa 154 orang yang ditahan karena diduga terlibat dalam serangan itu telah dibebaskan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4641 seconds (0.1#10.140)