China Pertimbangkan Usulan Korut Soal Denuklirisasi

Sabtu, 30 April 2016 - 19:45 WIB
China Pertimbangkan Usulan Korut Soal Denuklirisasi
China Pertimbangkan Usulan Korut Soal Denuklirisasi
A A A
NEW YORK - Duta Besar (Dubes) China untuk PBB mengatakan, proposal Korea Utara (Korut) patut dipertimbangkan untuk kepentingan bersama. Pyongyang menyatakan akan menghentikan program nuklirnya jika Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) menghentikan latihan perang bersama.

"Saya berpikir tentang setiap usulan, tidak peduli dari mana proposal itu berasal, selama itu memberikan solusi yang kondusif untuk negosiasi yang akan memberikan kontribusi untuk denuklirisasi, untuk perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea harus dipelajari sangat hati-hati," kata Dubes China untuk PBB, Liu Jieyi seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (30/4/2016).

Dia menekankan perlunya pendekatan multidimensional terhadap situasi di Korut dan mengatakan bahwa sanksi dan resolusi Dewan Keamanan saja tidak akan menyelesaikan masalah. Ia menambahkan setiap negara juga bisa bekerja secara langsung dengan Korut untuk meredakan ketegangan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Utara (Korut) mengatakan, negaranya siap untuk menghentikan tes nuklirnya jika Amerika Serikat (AS) menunda latihan militer tahunan dengan Seoul. Sebelumnya, secara rutin AS dan Korsel menggelar latihan gabungan di Semenanjung Korea.

"Hentikan latihan perang nuklir di Semenanjung Korea, maka kami juga berhenti melakukan tes nuklir. Jika latihan dihentikan untuk beberapa periode, selama beberapa tahun, peluang baru mungkin timbul untuk kedua negara dan untuk seluruh dunia juga," kata Menlu Korut Ri Su-yong.

(Baca juga: Korut Stop Tes Nuklir Jika AS Berhenti Latgab dengan Korsel)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)