Israel Tolak Inisiatif Prancis Soal Perdamaian dengan Palestina

Jum'at, 29 April 2016 - 18:46 WIB
Israel Tolak Inisiatif Prancis Soal Perdamaian dengan Palestina
Israel Tolak Inisiatif Prancis Soal Perdamaian dengan Palestina
A A A
YERUSALEM - Pemerintah Israel menolak inisiatif yang dibuat oleh Prancis terkait dengan proses perdamaian dengan Palestina. Inisiatif Prancis tersebut adalah sebuah Konferensi Perdamaian Internasional, yang rencananya akan digelar pada Mei mendatang.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menuturkan bahwa Israel hanya setuju pada satu proses perdamaian, yakni negosiasi langsung antara Israel dan Palestina. Selain itu, mereka tidak pernah menyetujuinya.

"Israel tetap mempertahankan posisinya, bahwa cara terbaik untuk menyelesaikan konflik antara Israel dan Palestina adalah secara langsung, dengan negosiasi bilateral," bunyi pernyataan kantor Netanyahu.

"Setiap inisiatif diplomatik lainnya akan menjauhkan Palestina dari negosiasi langsung," sambungnya, seperti dilansir Al Jazeera pada Jumat (29/4).

Konfrensi Perdamaian Internasional yang digelar Prancis sendiri rencananya akan diikuti oleh 20 negara, tapi tanpa kehadiran Israel dan Palestina. Ke-20 negara tersebut akan membahas cara-cara untuk meluncurkan kembali pembicaraan antara Israel dan Palestina.

Konferensi itu juga direncanakan akan dihadiri oleh kuartet perdamaian Israel-Palestina yang mencakup PBB, Uni Eropa, Amerika Serikat dan Rusia. Konferensi ini akan menjadi dasar dari konferensi kedua yang akan digelar pertengahan 2016, yang akan melibatkan Israel dan Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)