Obama Ancam Inggris Jika Nekat Keluar dari Uni Eropa

Sabtu, 23 April 2016 - 14:19 WIB
Obama Ancam Inggris Jika Nekat Keluar dari Uni Eropa
Obama Ancam Inggris Jika Nekat Keluar dari Uni Eropa
A A A
LONDON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, mengancam Inggris jika negara itu keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Obama mengancam tidak memprioritaskan Inggris dalam penawaran perdagangan dengan AS.

Ancaman Obama itu muncul ketika berbicara pada briefing bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron, di London, hari Jumat.
Pemimpin AS itu melakukan kunjungan tiga hari di Inggris yang bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Ratu Elizabeth II.


Saya pikir itu adil untuk mengatakan bahwa mungkin di beberapa titik,di bawah garis, ada perjanjian perdagangan Inggris-AS, tapi itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat karena fokus kami adalah dalam negosiasi dengan blok besar, Uni Eropa, untuk mendapatkan perjanjian perdagangan yang dilakukan,” kata Obama, seperti dikutip Telegraph, Sabtu (23/4/2016).


Dan Inggris akan berada di belakang antrean,” lanjut Obama, mengacu pada imbas yang dialami Inggris bila nekat keluar dari Uni Eropa.

Cameron menanggapi komentar Obama bernada ancaman itu dengan menyebutnya sebagai "teman yang sangat baik". “Yang bisa diandalkan untuk Inggris dalam memberi nasihat bijak,” ujar Cameron.

PM Cameron sendiri merupakan bagian dari kelompok “Brexit” atau kelompok yang menentang jika Inggris keluar dari Uni Eropa.

“(Saya) memuji situasi hubungan AS-Inggris,” kata Cameron. Sambil menatap Obama, Cameron berujar;”Barack, teman saya.”

(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)