Ukraina-Rusia Buka Peluang Pertukaran Tawanan

Selasa, 19 April 2016 - 23:04 WIB
Ukraina-Rusia Buka Peluang Pertukaran Tawanan
Ukraina-Rusia Buka Peluang Pertukaran Tawanan
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko mengatakan, ia dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyetujui kerangka kerja sebuah kesepakatan untuk menjamin pembebasan pilot wanita Ukraina, Nadezhda Savchenko.

"Kemarin saya telah memulai percakapan dengan Putin dan berdasarkan persiapan awal, menurut saya, kami telah berhasil menyepakati sebuah algoritma tertentu untuk membebaskan Nadezhda," kata Proshenko, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (19/4/2016).

Spekulasi yang berkembang menyatakan, kemungkinan Savchenko akan ditukar dengan dua tentara Rusia, Alexander Alexandrov dan Yevgeny Yerofeyev. Keduanya dijatuhi hukuman 14 tahun penjara oleh pengadilan Ukraina karena mempersiapkan "aksi teror".

"Dijatuhkannya hukuman terhadap tentara Rusia membuka kemungkinan tertentu untuk melakukan pertukaran. Tapi, saya mendesak terkait spekulasi mengenai jangka waktu kepulangannya atau langkah-langkah di masa depan," jelas Poroshenko.

Nadezhda Savchenko dijatuhi hukuman 22 tahun oleh pengadilan Rusia. Ia dianggap terbukti bersalah dalam pembunuhan dua wartawan Rusia pada tahun 2014 dalam konflik separatis Ukraina. Namun, Savchenko membatah tuduhan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4502 seconds (0.1#10.140)