15 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Mendapat Ampunan Dosa Hingga Terlindung dari Mara Bahaya

Selasa, 09 Mei 2023 - 08:09 WIB
loading...
15 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Mendapat Ampunan Dosa Hingga Terlindung dari Mara Bahaya
Banyak manfaat atau faedah dalam mengamalkan zikir baik di pagi hari maupun zikir di waktu petang, salah satunya terlindung dari marabahaya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Manfaat zikir pagi dan petang perlu diketahui oleh setiap umat Islam. Dengan mengetahui manfaat dari zikir ini dapat menjadikan kita untuk selalu termotivasi dalam melaksanakannya.

Allah SWT telah perintahkan Nabi Kita Muhammad SAW untuk selalu beristighfar dan banyak melakukan zikir pagi dan petang. Perintah tersebut termaktub dalam Surat Ghafir ayat 55, yang berbunyi:

فَاصۡبِرۡ اِنَّ وَعۡدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۡۢبِكَ وَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ بِالۡعَشِىِّ وَالۡاِبۡكَارِ


Fasbir inna wa'dal laahi haqqunw wastaghfir lizambika wa sabbih bihamdi Rabbika bil'ashiyyi wal ibkaar

Artinya: Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.



Selain memerintahkan umatnya untuk berzikir, Allah SWT juga memberikan keutamaan dan manfaat bagi umatnya jika melakukan amalan yang satu ini. Adapun manfaat dari melakukan zikir pagi dan petang adalah sebagai berikut:

Manfaat Zikir Pagi dan Petang

1. Mendapat Ampunan Dosa

Zikir tentunya beragam dan salah satu diantaranya berupa kalimat permohonan ampun seperti “Astagfirullah” yang merupakan zikir harian Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca zikir ini umat Islam dijanjikan akan dihapus dosanya sekaligus mendapatkan pahala.

2. Mendapat Anugrah Rasa Sabar

“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)” (QS. Qaf: 39).

Jika mengingat Allah dengan cara berzikir, tentu hati dan jika akan merasa lebih tenang dan sabar. Sebab akan selalu diingatkan tentang segala ketentuan yang datangnya dari Allah SWT.

3. Amalan Paling Baik di Mata Allah

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak, Para Sahabat yang hadir berkata: “Mau (wahai Rasulullah)!” Beliau bersabda: “Dzikir kepada Allah Yang Mahatinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Salah satu amalan yang paling disukai dan paling baik di mata Allah adalah berzikir. Oleh karenanya hal ini tidak boleh dilupakan, mengingat zikir dapat dilakukan dengan mudah.

4. Selalu Mengingat dan Diingat Allah

“Perumpamaan orang yang ingat akan Rabb-nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-nya laksana orang yang hidup dengan orang yang mati.” (HR. Al-Bukhari dalam Fat-bul Baari XI/208 no. 6407).

Dengan berzikir kepada Allah dan berusaha mengingatnya, Allah pun akan senantiasa mengingat hambanya. Oleh karenanya, segala yang dilakukan umatnya akan mendapat keberkahan dan memiliki hati yang selalu dipenuhi akan asma Allah SWT.

5. Amalan yang Disukai Rasulullah

“Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikrullah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak” (HR. Abu Dawud: 3667).

Barangsiapa yang mengerjakan amalan dan apa yang dianjurkan Rasulullah, ialah muslim sejati. Sehingga benar benar menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim

6. Memberikan Rasa Tenang

“…Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Segala bentuk makhluk yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah, jika dalam jiwa makhluknya selalu diisi dengan kebaikan dengan berzikir, maka akan selalu diberikan ketenangan didalam hatinya.

7. Mendapatkan Pahala Seperti Melakukan Ibadah Haji dan Umrah

“Barangsiapa yang mengerjakan salat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thobroni).

Perlu diketahui jika melakukan zikir pagi dan petang ternyata akan mendapatkan pahala seperti melakukan ibadah haji dan umrah. Tentunya semua itu bisa didapat dengan perbuatan yang ikhlas disertai dengan amalan kebaikan lainnya.

8. Jika Meninggal Akan Masuk Surga

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306)).

Apabila mengucapkan zikir dengan penuh keikhlasan, jika meninggal dunia akan mendapatkan pahala berupa masuk surga. Namun dalam pengucapannya harus disertai dengan penghayatan dan disertai amal baik lainnya.

9. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

“Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim (4/2071, no. 2692)).

Telah disebutkan secara jelas jika umat yang membaca zikir secara rutin dan ikhlas, maka dipastikan akan mendapatkan syafaat di hari akhir kelak.

10. Mendapat Kasih Sayang Allah

“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Setiap orang yang berzikir pada waktu pagi dan petang akan selalu dicintai oleh Allah SWT. Tidak hanya diberikan kasih sayang, Allah juga akan melipat gandakan pahala setiap kebaikan yang ia kerjakan.

11. Upaya Memohon Perlindungan

Zikir dan selalu menyebut asma Allah tentunya sama dengan memohon perlindungan kepada Allah. Di mana dari sekian banyak zikir tentunya ada yang bermakna memohon perlindungan seperti “laa hawla quwwata illa billah”. Bacaan tersebut bisa langsung diamalkan dengan bisa dibuktikan manfaatnya.

12. Mengingatkan kita akan Kehidupan Setelah Kematian

Zikir juga akan mengingatkan kita akan kematian, sehingga membuat kita selalu takut untuk berbuat dosa karena ingat kematian bisa datang kapan saja.

13. Menjauhkan dari Perbuatan Dosa

Dengan selalu mengingat Allah dengan cara berzikir, secara langsung akan mencegah diri kita untuk tidak melakukan perbuatan yang mungkar. Hal tersebut bisa terjadi karena kita akan selalu merasa diawasi oleh Allah akan segala sesuatu yang kita perbuat.

14. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Beribadah

Dzikir tentu akan menambah rasa khyusu’ dalam beribadah, contohnya ketika melaksanakan salat. Hal itu bisa terjadi karena diri kita selalu bersyukur mendapat kesempatan untuk bisa beribadah dan mencari jalan mendekat pada Allah.

15. Terlindung dari Mara Bahaya

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.” (Dibaca 3 x pada petang hari). Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290).

Dengan membaca zikir di waktu pagi dan petang dengan ikhlas, zikir dapat menjadi penolong dan pelindung dari bahaya yang akan menimpa siapa saja yangmengamalkannya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)