Kecam Serangan Turki, Suriah Minta DK PBB Bertindak

Minggu, 14 Februari 2016 - 22:27 WIB
Kecam Serangan Turki, Suriah Minta DK PBB Bertindak
Kecam Serangan Turki, Suriah Minta DK PBB Bertindak
A A A
DAMASKUS - Pemerintah Turki melalui Kementerian Luar Negerinya mengecam keras serangan yang dilakukan oleh Turki kepada rakyat Suriah. Tidak hanya itu, Suriah juga menuding Turki telah melakukan pelanggaran ke dalam wilayah Suriah.

"Tembakan artileri Turki ke wilayah Suriah merupakan dukungan langsung kepada organisasi teroris bersenjata," kata Kementerian Luar Negeri Suriah dalam suratnya yang ditujukan kepada Sekjen PBB dan Ketua DK PBB seperti dikutip dari kantor berita SANA, Minggu (14/2/2016).

Kecaman Suriah ini merujuk pada serangan artileri lintas perbatasan yang dilakukan Turki dengan target kelompok Kurdi Suriah dan basis milik tentara Suriah. Serangan itu dilakukan pada Sabtu sore dengan target desa Maranaz, al-Malkieh, Minnegh, Ein Daqneh dan Bazi.

Pemerintah Suriah menyatakan bahwa serangan yang dilakukan oleh Turki adalah pelanggaran berat terhadap kedaulatan Suriah. "Serangan ini juga pelanggaran terhadap tujuan dan prinsip-prinsip Piagam PBB, aturan hukum internasional dan resolusi kontraterorisme Dewan Keamanan," demikian bunyi surat pemerintah Suriah.

Terkait hal tersebut, Suriah menegaskan akan mempertahankan haknya untuk menanggapi kejahatan dan serangan yang dilakukan oleh Turki. Suriah pun berhakk untuk mengklaim kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3491 seconds (0.1#10.140)