Arab Saudi Ancam Dongkel Assad Secara Paksa

Minggu, 14 Februari 2016 - 22:10 WIB
Arab Saudi Ancam Dongkel Assad Secara Paksa
Arab Saudi Ancam Dongkel Assad Secara Paksa
A A A
MUNICH - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir mengatakan, Presiden Suriah Bashar al-Assad akan "dihapus" secara paksa jika pembicaraan damai untuk mengakhiri konflik di negara itu berakhir dengan kegagalan.

"Bashar al-Assad akan meninggalkan jabatannya, tidak ada keraguan tentang itu. Ia akan meninggalkan jabatannya dengan dua kemungkinan, yaitu dengan proses politik atau dia meninggalkannya dengan cara dipaksa," kata Jubeir kepada CNN seperti dilansir dari Independen, Minggu (14/2/2016).

Arab Saudi sendiri telah mengirimkan pasukan dan jet tempurnya ke pangkalan militer milik Turki, Incirlik. Hal ini dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan invasi darat ke Suriah.

Jubeir juga menegaskan bahwa Arab Saudi siap berkontribusi untuk mengirimkan pasukannya ke Suriah, tetapi hanya sebagai bagian dari koalin internasional pimpinan Amerika Serikat.

"Kami akan memberikan sebanyak yang kami bisa untuk memastikan bahwa proses politik bekerja. Tetapi jika itu tidak berhasil, itu karena rezim Suriah dan sekutunya sulit untuk diatasi," katanya.

"Dan itu seharusnya menjadi bukti dan maka menjadi jelas bahwa tidak ada pilihan untuk menghapus Bashar al-Assad kecuali dengan kekuatan," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3265 seconds (0.1#10.140)