Korsel Hentikan Operasional Pusat Industri Kaesong

Rabu, 10 Februari 2016 - 23:06 WIB
Korsel Hentikan Operasional Pusat Industri Kaesong
Korsel Hentikan Operasional Pusat Industri Kaesong
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menghentikan pengoperasian pusat industri Kaesong yang merupakan hasil patungan dengan Korea Utara (Korut). Penghentian operasional ini dilakukan setelah Korut melakukan ujicoba nuklir dan melakukan peluncuran roket jarak jauh yang membawa satelit.

Menteri Unifikasi Korsel, Hong Yong-pyo mengatakan, Korut diduga telah menggunakan dana belanja dari Kaesong untuk memajukan senjata nuklir dan program rudal jarak jauh. Penghentian operasional Kaesong ini untuk menghentikan aliran dana untuk kegiatan tersebut.

"Kita tidak bisa terus-terusan memecahkan permasalahan nuklir dan program rudal Korut dengan terus melakukan respon yang sama, yang telah kita lakukan berulang kali," katanya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (10/2/2016).

Yong-pyo menyatakan, pihaknya telah memberitahukan tetangganya itu mengenai penghentian operasional Kaesong. Yong-pyo juga mengaku pihaknya akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembalikan dengan aman warga Korsel. Hingga saat ini belum ada tanggapan dari media pemerintah Korut atas keputusan Korsel tersebut
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5476 seconds (0.1#10.140)