Meski Menuai Kecaman, Korut Akan Terus Luncurkan Satelit

Minggu, 07 Februari 2016 - 22:55 WIB
Meski Menuai Kecaman, Korut Akan Terus Luncurkan Satelit
Meski Menuai Kecaman, Korut Akan Terus Luncurkan Satelit
A A A
MOSKOW - Korea Utara (Korut) bergeming, meski menuai kecaman atas kebijakannya meluncurkan rudal jarak jauh yang membawa satelit. Alih-alih menghentikan aktivitas yang menuai kontroversi, Pyongyang malah menyatakan akan tetap melanjutkan proyek peluncuran satelitnya.

Hal tersebut tertuang dalam pernyataan Kedutaan Korut di Moskow. Dalam pernyataannya, Kedubes Korut menyatakan bahwa Pyongyang akan terus meluncurkan roket yang membawa satelit ke luar angkasa.

"Lembaga negara yang bertugas mengeksplorasi ruang angkasa, mengikuti kebijakan Partai Buruh Korea untuk memberikan prioritas kepada ilmu pengetahuan dan teknologi, akan terus meluncurkan lebih banyak satelit buatan manusia," bunyi pernyataan Kedubes Korut seperti disitir Reuters dari Interfax, Minggu (7/2/2016).

Sebelumnya, televisi negara Korut menyatakan bahwa Pyongyang telah berhasil meluncurkan roket jarak jauh yang membawa satelit. Peluncuran roket ini lebih cepat satu hari setelah sebelumnya sempat dikabarkan Korut akan melakukannya pada tanggal 8 Februari.

Aksi Korut ini pun menuai kecaman dari dunia internasional karena dianggap menentang resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. DK PBB melarang Pyongyang dari peluncuran roket yang dapat digunakan sebagai rudal balistik yang membawa hulu ledak nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)