UE Anggap Aksi Korut Luncurkan Satelit Ancam Keamanan Dunia

Minggu, 07 Februari 2016 - 22:37 WIB
UE Anggap Aksi Korut Luncurkan Satelit Ancam Keamanan Dunia
UE Anggap Aksi Korut Luncurkan Satelit Ancam Keamanan Dunia
A A A
BRUSSELS - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mengutuk peluncuran satelit yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Mogherini menggambarkan aksi Korut itu sebagai ancaman langsung terhadap keamanan internasional.

"Tindakan ini merupakan ancaman langsung terhadap perdamaian internasional dan keamanan di kawasan dan di luar, dan mereka memperburuk ketegangan di Semenanjung Korea yang merugikan semua," kata Mogherini dalam sebuah pernyataan dilansir dari Sputniknews, Minggu (7/2/2016).

Mogherini menyatakan, Korut harus menahan diri di tengah meningkatnya ketegangan regional dan kembali ke pembicaraan enam negara pada denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Uni Eropa berada dalam kontak yang dekat dengan semua mitra dan kami akan bekerja dengan Dewan Keamanan PBB, yang akan bertemu hari ini di sesi darurat, untuk mengatasi tindakan terbaru ini," tambah pernyataan itu.

Korut menyatakan telah berhasil menembakkan roket jarak jauh yang membawa satelit. Tindakan Korut ini menentang resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang Pyongyang dari peluncuran roket yang dapat digunakan sebagai rudal balistik yang membawa hulu ledak nuklir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3115 seconds (0.1#10.140)