Ribuan Wanita Hamil di Kolombia Terinfeksi Virus Zika

Minggu, 07 Februari 2016 - 18:13 WIB
Ribuan Wanita Hamil di Kolombia Terinfeksi Virus Zika
Ribuan Wanita Hamil di Kolombia Terinfeksi Virus Zika
A A A
BOGOTA - Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos mengatakan, lebih dari 3.100 wanita hamil di negaranya terinfeksi virus Zika yang dibawa nyamuk Aedes Aegypty. Meski begitu sejauh ini belum ditemukan kasus microcephaly yang disebabkan oleh virus Zika di Kolombia.

"Pemerintah sekarang menjadi tidak yakin tentang proyeksi sebelumnya, dimana ditemukan 500 kasus yang menghubungkan virus Zika dengan kasus microcephaly, berdasarkan data dari negara lain yang berjuang melawan penyakit ini," kata Santos seperti dilansir dari Reuters, Minggu (7/2/2016).

Santos lantas mengungkapkan bahwa di Kolombia ada 25.645 orang yang terinfeksi virus Zika, dimana 3.177 diantaranya adalah wanita hamil. Dari jumlah itu, Kolombia memproyeksikan bisa menyelesaikan sekitar 600 ribu kasus.

Santos juga menambahkan bisa ada sampai 1.000 kasus sindrom Guillain-Barre, gangguan neurologis langka yang dapat melemahkan otot-otot dan menyebabkan kelumpuhan. Para ilmuwan saat ini sedang mempelajari kemungkinan adanya hubungan antara gangguan dan Zika.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Kolombia, Alejandro Gaviria, mengatakan ia percaya ada hubungan antara virus Zika dengan gangguan saraf langka yang menyebabkan kematian tiga orang di negara itu. (Baca juga: Tiga Warga Kolombia Tewas Akibat Virus Zika)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5468 seconds (0.1#10.140)