Nekat Luncurkan Roket, Korut Bikin Jengkel Rusia

Minggu, 07 Februari 2016 - 16:53 WIB
Nekat Luncurkan Roket, Korut Bikin Jengkel Rusia
Nekat Luncurkan Roket, Korut Bikin Jengkel Rusia
A A A
MOSKOW - Kremlin tidak bisa menyembunyikan kekesalannya terhadap Korea Utara (Korut) yang tetap meluncurkan roket jarak jauh. Menurut Kremlin, Pyongyang telah mengabaikan seruan dunia internasional dan menunjukkan ketidakpedulian yang menentang hukum internasional.

"Kami harus menyatakan bahwa Pyongyang tidak mengindahkan seruan masyarakat internasional, dan sekali lagi menunjukkan pengabaian yang menantang hukum internasional," demikian pernyataan di situs Kementerian Luar Negeri Rusia, dikutip dari Sputniknews, Minggu (7/2/2016).

Rusia menilai, tindakan Korut semakin memperburuk situasi di Semenanjung Korea dan di Timur Laut Asia secara keseluruhan. Insiden ini bisa menimbulkan konfrontasi militer dan membahayakan keamanan negara di kawasan tersebut, terutama untuk Korut sendiri.

"Keputusan yang diambil oleh Pyongyang tidak bisa tidak membangkitkan protes keras. Kami menyarankan pemimpin Korea Utara untuk berpikir kembali apakah kebijakan menentang seluruh masyarakat internasional adalah kepentingan terbaik untuk negara," tambah pernyataan itu.

Televisi pemerintah Korut mengatakan bahwa pihaknya telah sukses meluncurkan roket jarak jauh mereka dini hari tadi. Roket itu menurut keterangan televisi Korut diluncurkan untuk membawa satelit baru mereka.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)