Korsel dan AS Bahas Penempatan Sistem Pertahanan Udara

Minggu, 07 Februari 2016 - 16:48 WIB
Korsel dan AS Bahas Penempatan Sistem Pertahanan Udara
Korsel dan AS Bahas Penempatan Sistem Pertahanan Udara
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) langsung memberikan respon atas peluncuran roket yang dilakukan oleh tetangga mereka, Korea Utara (Korut). Korsel langsung melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai kemungkinakan penempatan sistem pertahan udara di semenanjung Korea.

Korsel dan AS membahas mengenai penempatan sistem pertahanan yang disebut Terminal High Altitude Area Defence (THAAD). Menurut pejabat militer AS, THAAD sangat dibutukan Korsel, untuk menghadapi ancaman dari program rudal Korut.

Hal tersebut diamini oleh pejabat di Kementerian Pertahanan Korsel, Ryu Je-Seung. Dirinya menuturkan bahwa jika THAAD pada akhirnya ditempatkan di semenanjung Korea, maka itu hanya akan ditunjukan untuk melawan Korut.

"Jika THAAD dikerahkan di semenanjung Korea, itu akan hanya dioperasikan melawan Korut," kata Je-Seung dalam sebuah pernyataan paska melakukan pertemuan dengan Komandan pasukan AS di Korsel, Thomas S. Vandal.

Seperti diketahui, televisi pemerintah Korut mengatakan, pihaknya telah sukses meluncurkan roket jarak jauh mereka dini hari tadi. Roket itu menurut keterangan televisi Korut diluncurkan untuk membawa satelit baru mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)