Tiga Warga Kolombia Tewas Akibat Virus Zika

Sabtu, 06 Februari 2016 - 21:53 WIB
Tiga Warga Kolombia Tewas Akibat Virus Zika
Tiga Warga Kolombia Tewas Akibat Virus Zika
A A A
BOGOTA - Pejabat Kesehatan Kolombia menyatakan, ada hubungan antara virus Zika dengan gangguan saraf langka dan kematian tiga orang di negara itu. Ini adalah pertama kalinya pejabat kesehatan pemerintah secara langsung menyebut virus Zika sebagai penyebab kematian.

"Ada hubungan kausal antara Zika, Guillain-Barre dan kematian tiga orang Kolombia, satu di San Andres dan dua lagi di Turbo, Antioquia," kata Menteri Kesehatan Kolombia, Alejandro Gaviria seperti dikutip dari laman Independent, Sabtu (6/2/2016).

Guillain-Barre adalah kelainan langka di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf. Hal ini biasanya tidak fatal, tapi dapat menyebabkan kelumpuhan dan kelemahan otot
.
Pernyataan ini diperkuat dengan pernyataan Kepala Kolombia National Health Institute, Martha Lucia Ospina. "Kami telah dikonfirmasi dan mengaitkan tiga kematian dikarenakan Zika. Dalam hal ini, kematian didahului oleh sindrom Guillain-Barre," katanya.

Kasus sindrom telah meningkat seiring dengan mewabahnya virus Zika. Hal ini memicu kecurigaan jika hal itu merupakan komplikasi dari virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypty itu. Zika juga disebut sebagai penyebab microcephaly atau kerusakan otak pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5128 seconds (0.1#10.140)