Tangkap Pelaut AS, Tentara Iran Dapat Medali Penghargaan

Minggu, 31 Januari 2016 - 22:29 WIB
Tangkap Pelaut AS, Tentara Iran Dapat Medali Penghargaan
Tangkap Pelaut AS, Tentara Iran Dapat Medali Penghargaan
A A A
TEHERAN - Pemimpin spritual Iran memberikan medali kepada para komandan Angkatan Laut Iran karena berhasil menangkap pelaut Amerika Serikat (AS) yang masuk ke wilayah perairan Iran pada awal bulan ini.

Ayatollah Ali Khamenei memberikan medali Fath (Kemenangan) untuk kepada Angkatan Laut Garda Revolusi Iran dan empat komandan yang terlibat dalam penyitaan dua kapal Angkatan Laut AS, seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (31/1/2016).

Untuk diketahui, Iran telah menganugerahi medali Fath sejak tahun 1989 untuk para pahlawan perang, komandan militer dan politisi, terutama yang terkait dengan perang delapan tahun Iran Irak pada era 1980-an.

Iran menangkap 10 pelaut asal AS dan menyita dua kapal mereka pada 13 Januari lalu karena telah memasuki perairan Iran. Insiden penangkapan ini sempat menegangkan urat saraf kedua negara.

Belakangan, Iran akhirnya membebaskan para pelaut AS, 9 lelaki 1 perempuan, tanpa syarat. Menurut militer Iran, para pelaut tersebut memasuki perairan karena kesalahan navigasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4889 seconds (0.1#10.140)