Wasiat Bagi Kaum Muslimah agar Selamat Dunia Akhirat

Rabu, 26 April 2023 - 07:36 WIB
loading...
Wasiat Bagi Kaum Muslimah agar Selamat Dunia Akhirat
Agar hidupnya kaum Hawa ini semakin berarti, Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin memberikan 11 wasiat khusus untuk diamalkan kaum muslimah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Kaum wanita muslimah dalam Islam sangat dimuliakan, bahkan Islam memberikan ruang bagi mereka menjadi berarti dalam hidupnya. Agar hidupnya kaum Hawa ini semakin berarti, Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin memberikan 11 wasiat khusus untuk diamalkan kaum muslimah tersebut.

Dalam kitabnya 'At-Tahdzir min Tawassu’in Nisa’ fit Tabarruj', Syaikh Al-Utsaimin menuliskan sebelas wasiat tersebut, dan mengharapkan setiap muslimah memegang teguh wasiatnya itu agar selamat dunia dan akhirat. Berikut wasiatnya:

1. Beribadah kepada Allah SWT sesuai dengan syariat yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

2. Menghindari perbuatan syirik, baik syirik dalam aqidah maupun ibadah. Karena syirik dapat menghapuskan amal kebaikan dan mendatangkan kerugian yang sangat besar.

3. Menghindari perbuatan bid’ah (perbuatan yang diada-adakan, tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena perbuatan bid’ah sangat menyesatkan.

4. Memelihara waktu salat dengan sempurna. Karena orang yang memelihara waktu salatnya dengan baik dan disiplin, maka ia juga akan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan disiplin pula. Sebagaimana yang kita ketahui, apabila rusak salat seseorang, maka rusaklah seluruh amalannya.

5. Mematuhi perintah suami. Sepanjang suami tidak melanggar syariat Allah dan Rasul-Nya, maka suami memiliki hak untuk ditaati. Tidak boleh seorang perempuan muslimah bersikap durhaka dan semena-mena terhadap suaminya, apalagi terlalu banyak menuntut.

6. Memelihara kehormatan diri dan kehormatan suami. Baik ketika suami ada di rumah, maupun jika ia tidak sedang ada di rumah. Begitu pula dengan hartanya.

7. Berbuat baik terhadap tetangga, dengan memelihara perbuatan dan lisan. Sebab dengan demikian, hal tersebut dapat menghindarkan kita dari perbuatan dan perkataan jahat mereka.

8. Lebih mengutamakan untuk tinggal di rumah. Tidaklah baik apabila seorang perempuan muslimah terlalu banyak berada di luar rumah. Karena sebaik-baik tempat bagi seorang perempuan muslimah adalah rumahnya. Jika pun ada keperluan yang mendesak, maka seorang wanita wajib menggunakan jilbabnya.

9. Berbakti kepada kedua orangtua dan mematuhinya dalam syariat. Tidak layak seorang perempuan muslimah memperlakukan orangtuanya dengan semena-mena dan mendurhakainya.

10. Mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya, serta menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik dan terpuji. Sesungguhnya seorang perempuan muslimah adalah guru yang utama dan pertama bagi anak-anaknya.

11. Memperbanyak zikir dan sedekah.

Demikianlah. Kaum muslimah hendaknya bersyukur karena dipilih oleh Allah hidup dalam Islam.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3181 seconds (0.1#10.140)