15 Ide Permainan Seru saat Kumpul, Buat Kebersamaan Makin Berkesan

Sabtu, 22 April 2023 - 11:36 WIB
loading...
15 Ide Permainan Seru saat Kumpul, Buat Kebersamaan Makin Berkesan
Beberapa ide permainan bisa dipraktikkan saat kita berkumpul bersama keluarga. FotoShutterstock
A A A
JAKARTA - Ide permainan seru ketika kumpul bersama teman atau keluarga ini bisa dicoba untuk membuat momen kebersamaan semakin berkesan.

Selain menambah keseruan ketika berkumpul,melakukan permainan juga dapat membuat orang yang pendiam dan pemalu dapat ikut andil di dalam kelompok. Sehingga tidak ada orang yang pasif bila berkumpul.

Berikut ini 15 ide permainan seru yang dapat dicoba ketika kumpul bersama keluarga atau teman. Ada yang menggunakan alat dan ada juga yang tidak.



1. Monopoli
Permainan yang mengandalkan keberuntungan dan kepandaian dalam hal negosiasi ini akan seru dimainkan bila semakin banyak orang berkumpul. Setiap orang nantinya akan berusaha supaya tidak bangkrut duluan dan menjadi pemenang yang ditentukan dari jumlah uang terbanyak.

2. Truth or Dare
Cara bermainnya adalah dengan duduk melingkar dengansebuah botol di tengah para pemain untuk diputar. Bila botol tersebut mengarah ke seseorang, maka dia harus memilih antara menjawab jujur (truth) atau menerima tantangan yang telah disepakati sebelumnya (dare).

3. Ular Tangga
Ide permainan seru selanjutnya ini benar-benar mengandalkan keberuntungan lemparan dadu. Setiap orang nantinya akan berusaha mencapai puncak terlebih dahulu, memanfaatkan semua tangga yang ada dan menghindari seluruh kepala ular.

4. Ludo
Meskipun terlihat mengandalkan keberuntungan, tapi strategi juga dibutuhkan dalam permainan ini. Para pemain nantinya akan bersaing dengan cara saling menjatuhkan demi mencapai tujuannya masing-masing.

5. Tahan Tawa
Permainan ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan membuat lawan main tertawa, atau saling bersaing menahan tertawa ketika disetelkan video atau gambar lucu.

6. Makan Lemon tanpa Reaksi
Memakan buah yang kaya akan vitamin C ini bisa dijadikan salah satu permainan seru. Hal yang buat permainan ini jadi sulit adalah ketika seseorang harus membuat ekspresi datar ketika memakan makanan yang masam.

7. Kartu Uno
Kartu UNO punya aturan sendiri dalam permainannya, siapa pun pemain yang kartunya habis terlebih dahulu, maka dialah pemenangnya. Strategi yang baik sangat diperlukan untuk permainan ini.

8. Jenga
Kunci kemenangan pada permainan yng memindahkan balok dalam sebuah susunan ini adalah tetap tenang dan fokus. Karena sedikit saja tangan bergetar atau goyah, maka seluruh susunan balok akan roboh dan membuat pemain kalah.

9. Tebak Kata
Selanjutnya adalah tebak kata, dengan permainan ini terdiri dari dua pemain. Salah satu adalah orang yang menggerakkan bibirnya dan satu orang sebagai penebak. Siapa pun kelompok yang berhasil menebak kata lebih banyak maka merekalah pemenangnya.

10. Tebak Gaya
Sama seperti tebak kata, permainan ini juga terdiri dari dua pemain. Perbedaannya terletak pada medianya, bila tebak kata menggunakan gerak bibir, maka tebak gaya menggunakan gestur seseorang.

11. Tebak Gambar
Pada permainan ini nantinya seseorang akan menggambar sebuahpetunjuk yang berkaitan dengan kata yang harus ditebak. Hal yang membuat permainan ini sulit adalah ketika seseorang yang menggambar kurang pandai dalam melukis sehingga gambarnya tak beraturan.

12. Tebak Judul Lagu
Cara bermain tebak lagu adalah dengan menyetelkan sebuah lagu dan para pemain nantinya harus menebak judul lagu tersebut secara berebut. Siapa pun yang memperoleh poin terbanyak, maka dialah yang menang.

13. Kata Berantai
Game ini dimainkan dengan cara menjadikan huruf belakang kata yang telah disebut menjadi sebuah kata baru. Misalnya jika orang pertama mengatakan "kelinci" maka orang kedua harus menyebutkan kata yang berawalan "I", seperti "ikan", dan begitu seterusnya.



14. Susun Puzzle
Untuk memainkannya, diperlukan beberapa buah puzzle dengan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Bagi tim yang dapat menyelesaikan puzzle terlebih dulu, maka dia yang menang.

15. Permainan 3,6,9
Memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk memainkan permainan ini. Permainan dimulai dengan menghitung 1,2,3 dan seterusnya. Setiap orang yang mendapat giliran 3,6,9 dan angka kelipatan tiga selanjutnya tidak boleh menyebut angka melainkan harus bertepuk tangan. Siapa pun yang menyalahi aturan maka berhak mendapat hukuman.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)