Tentara Kamerun Dituding Bunuh Warga Sipil Nigeria

Rabu, 20 Januari 2016 - 17:53 WIB
Tentara Kamerun Dituding Bunuh Warga Sipil Nigeria
Tentara Kamerun Dituding Bunuh Warga Sipil Nigeria
A A A
ABUJA - Pasukan Kamerun yang melakukan pengejaran terhadap kelompok Boko Haram menembakkan granat berpeluncur roket dan melepaskan tembakan tanpa pandang bulu. Alhasil, empat keluarga tewas akibat ledakan granat dan dua warga sipil lainnya tewas terkena tembakan.

Wakil Komandan kelompok pertahanan sipil Nigeria, Muhammad Abba mengaku mendapatkan informasi soal insiden itu dari kerabatnya. Ia menggambarkan bagaimana salah satu granat meledak di atas atap sebuah gubuk dan membunuh empat keluarga di desa Ashigashiya, timur laut Nigeria.

"Tentara Kamerun kemudian menyeret dua orang tua dan menembak mereka di pinggir jalan," kata Abba. Dia juga mengatakan bahwa warga desa telah terperangkap berminggu-minggu di tengah konflik tentara Kamerun dengan kelompok Boko Haram, seperti dikutip dari laman The Washington Post, Rabu (20/1/2016).

Ini bukanlah tuduhan pertama yang ditujukan kepada tentara Kamerun. Sebelumnya pada 30 November lalu, tentara Kamerun dituding telah membunuh 150 orang, mencuri ternak dan membakar pondok sepanjang 150 kilometer di perbatasan.

Namun, pemerintah Kamerun kerap membantah tuduhan tersebut, termasuk yang terakhir. Tuduhan ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Nigeria dan sejumlah negara tetangganya dalam memerangi kelompok Boko Haram.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)