Serangan Teroris di Burkina Faso, 6 WN Kanada Tewas

Minggu, 17 Januari 2016 - 11:25 WIB
Serangan Teroris di Burkina Faso, 6 WN Kanada Tewas
Serangan Teroris di Burkina Faso, 6 WN Kanada Tewas
A A A
OTTAWA - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan, 6 warga negaranya tewas dalam insiden penyerangan sekelompok teroris ke sebuah hotel di ibukota Burkina Faso pada Sabtu kemarin.

"Kami menyampaikan belasungkawa kami yang terdalam kepada keluarga, teman, dan kolega dari mereka yang tewas. Kami telah menawarkan bantuan kepada pihak berwenang Burkina Faso dalam hal penyelidikan dari kejahatan yang mengerikan ini," kata Trudeau dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (17/1/2016).

Meski menyatakan enam warganya telah menjadi korban penyerangan teroris, pemerintah federal Kanada tidak mengidentifikasi para korban. Namun, Menteri Hubungan Internasional Christine St-Pierre mengatakan enam orang yang tewas berasal dari provinsi berbahasa Prancis di Kanada.

Empat orang anggota milisi Al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM) menyerang menyerang sebuah hotel di ibukota Burkina Faso dan menyandera 126 orang tamu hotel. Selain itu, 23 orang tewas dalam aksi penyerangan tersebut.

Setelah melakukan pengepungan, pihak keamanan Burkina Faso dibantu oleh pasukan dari Prancis menyerbu masuk dan berhasil membebaskan para sandera. Empat orang pelaku penyerangan tewas. Tiga orang di lokasi penyerangan, sedangkan satu penyerang lainnya tewas di sebuah hotel yang berdekatan dengan lokasi penyerangan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5306 seconds (0.1#10.140)