Media Norwegia: ISIS Selundupkan Minyak dari Turki

Minggu, 20 Desember 2015 - 22:26 WIB
Media Norwegia: ISIS Selundupkan Minyak dari Turki
Media Norwegia: ISIS Selundupkan Minyak dari Turki
A A A
OSLO - Sebuah laporan yang memuat tentang penjualan minyak ilegal oleh ISIS yang disusun oleh Norwegia telah bocor ke tangan media. Laporan tersebut menyatakan bahwa ISIS menyelundupkan minyak mereka lewat Turki dan menjualnya dengan harga yang cukup rendah.

Laporan yang disusun oleh konsultan minyak dan gas independen Norwegia, Rystad Energy, itu dibocorkan oleh harian Norwegia Klassekampen. Laporan itu sendiri disusun atas permintaan Kementerian Luar Negeri Norwegia.

"Sejumlah besar minyak telah diselundupkan melintasi perbatasan Turki dari daerah yang dikendalikan oleh ISIS di Suriah dan Irak. Minyak tersebut dikirim oleh kapal tanker melalui rute penyelundupan di perbatasan dan dijual dengan harga sangat murah, mulai dari USD 25 sampai USD 45 per barel," begitu bunyi laporan yang disitir Klassekampen seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (20/12/2015).

Minyak mentah sendiri di pasar gelap dijual dengan harga sangat rendah, sedangkan patokan untuk minyak mentah jenis Brent saat ini diperdagangkan pada kisaran USD 35- USD 50 per barel. Untuk mengkompilasi laporan, yang tertanggal mulai dari Juli, Rystad Energi menggunakan data base sendiri serta sumber dari wilayah tersebut.

"Ekspor minyak mentah telah terjadi di pasar gelap mapan melalui Turki. Banyak penyelundup dan penjaga perbatasan yang korup, yang membantu Saddam Hussein menghindari sanksi internasional, sekarang membantu ISIS mengekspor dan mengimpor minyak secara tunai," begitu kesimpulan laporan tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)